Peresmian 3 Mall SIAP QRIS

0
– SIAP QRIS- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (KPwBI) meresmikan 3 Mall Sehat, Inovatif, Aman Pakai (SIAP) QRIS di Kota Semarang. Foto : ist/zonapasar.com

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (KPwBI) meresmikan 3 Mall Sehat, Inovatif, Aman Pakai (SIAP) QRIS di Kota Semarang, yakni DP Mall, Java Mall, dan Mall Ciputra. Ketiga mall tersebut telah memenuhi kriteria pusat perbelanjaan SIAP QRIS, yakni 80% tenant telah menyediakan kanal pembayaran QRIS.

Kepala KPwBi Provinsi Jateng, Rahmat Dwisaputra mengatakan, mall yang sudah menggunakan QRIS dalam bertransaksi akan diberi banner di pintu masuk mall yang menunjukan identitas mall SIAP QRIS dan petunjuk penggunaan QRIS. Ini merupakan upaya memberikan informasi kepada masyarakat bahwa QRIS sudah ada di mall tersebut, sekaligus menggiatkan penggunaannya

“Diresmikannya 3 mall SIAP QRIS ini, berarti di Semarang sudah 5 mall sudah bertransaksi menggunakan QRIS. BI akan terus mendorong masyarakat menggunakan QRIS, yang mudah dan aman,” kata Rahmat Dwisaputra.

Menurutnya, program SIAP QRIS merupakan hasil kolaborasi antara Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan untuk memperluas implementasi QRIS pada pasar tradisional dan pusat perbelanjaan, sehingga dapat membantu memperlancar konsumsi masyarakat di era pandemi dan endemi.

“KPwBI Jawa Tengah sendiri hingga akhir tahun 2022 menargetkan 2.163.000 pengguna QRIS. Hingga Juni, pencapaian penambahan pengguna QRIS telah mencapai 1.110.420, demgan pertumbuhan jumlah merchant meningkat 124,9% (yoy), menjadi 1.515.430 merchant,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk nominal transaksi QRIS per Mei naik 243% (yoy), menjadi Rp294 miliar. Pertumbuhan volume transaksi per Mei pun meningkat 60%(yoy), atau mencapai 3.752.885 transaksi.

Sementara, guna mencapai target tersebut, BI menggelar Pekan QRIS Nasional (PQN) mulai 15-20 Agustus 2022. PQN merupakan rangkaian perayaan HUT RI ke-77, dengan kegiatan antara lain, Ngebis Ngagem QRIS yang dilaksanakan mulai 15-17 Agustus 2022, sosialisasi pembayaran PDAM dengan QRIS yang dilakukan 16 Agustus 2022, Launching Mall SIAP QRIS yang dilaksanakan bertepatan dengan HUT RI ke 77 pada 17 Agustus 2022.

“Selain itu juga sosialisasi QRIS pada Dharma Wanita Kota Semarang: 18 Agustus 2022 dan Grebeg Pasar SIAP QRIS di Kendal pada 19 – 20 Agustus 2022,” jelasnya.

Manager Java Mall, Yustianu Bagus, menyambut baik QRIS, karena dengan adanya QRIS transaksi makin mudah dan konsumen tidak perlu membawa uang tunai. Dari 210 tenant di Java Mall, 75-80 persen sudah menggunakan QRIS.

Hal senada juga disampaikan Antonius Budiawan, Head off DP Mall. Menurutnya, kehadiran QRIS sangat membantu pembeli maupun penjual dalam melakukan pembayaran. Di DP mall saat ini ada 115 tenant dan seluruhnya sudah menggunakan QRIS.

Sementara itu, Supriadi, Finance Marketing Mall Ciputra mengatakan , 80 persen dari 200 tenant yang ada di Mall Ciputra sudah menggunakan QRIS. Bagi tenant yang belum menggunakan QRIS dalam bertransaksi dihimbau untuk menggu akan QRIS.

“QRIS itu mudah sekali digunakan dan aman,” tandas Supriyadi.(ule)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan

Verified by MonsterInsights