PLN UP2D Lakukan Pemeliharaan Keypoint Purwokerto

0
– PEMELIHARAAN- Petugas PLN UP2D melakukan pemeliharaan keypoint di Purwokerto, Kamis (21/4/2022). Foto : ist/zonapasar.com

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Kamis (21/4/2022) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan keypoint Purwokerto, LBS ABB REC 523. Pekerjaan pemeliharaan dilakukan dengan menggandeng petugas PDKB (pekerjaan dalam keadaan bertegangan) PLN UP3 Purwokerto.

Manager UP2D Jawa Tengah dan DIY, Ery Juniarta Partama mengatakan, pemeliharaan keypoint ini dilakukan lantaran adanya indikasi kerusakan gear, sehingga perlu untuk diganti. Kerusakan pada gear menyebabkan gagalnya kerja dari keypoint.

“Jadi, gear diganti agar LBS itu berfungsi kembali dengan baik. Sehingga pada saat dibutuhkan untuk keperluan switching LBS tersebut dapat berfungsi”, katanya.

Menurutnya, LBS merupakan peralatan switching yang dapat dioperasikan melalui remote jarak jauh (SCADA), selain itu LBS juga dapat dijadikan sebagai pemisah gangguan secara otomatis. Jadi, apabila terdapat kabel listrik yang tersentuh pohon atau putus maka section tersebut akan dipisahkan dari sistem secara otomatis sehingga aman untuk lingkungan.

“Setelah pemeliharaan, kini keypoint sudah beroperasi dengan normal lagi. Kinerja ke Saidi dan Saifi menjadi makin baik, sehingga ketika terjadi gangguan bisa meminimalisir daerah padam,” ungkapnya.

Pekerjaan pemeliharaan keypoint dilakukan tanpa memadamkan tegangan listrik yang mensuplai pelanggan karena menggunakan metode PDKB.(ule)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan