UmumTransportasiPT KAI Daop 4 Tutup 107 Perlintasan Sebidang Tidak...

PT KAI Daop 4 Tutup 107 Perlintasan Sebidang Tidak Resmi

-

- Advertisment -spot_img

Perlintasan liar yang ditutup PT KAI Daop 4 Semarang ini paling banyak terdapat di Kabupaten Grobogan sebanyak 33 tempat, Blora 17 tempat, Kendal 10 tempat dan Semarang, 13 tempat.

SEMARANG – PT KAI Daop 4 Semarang telah menutup 107 perlintasan sebidang tidak resmi atau ilegal selama Januari 2018 hingga September 2019.

Adapun penutupan perlintasan sebidang ilegal tersebut dilakukan dengan memberi patok agar tidak digunakan kembali.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiantoro mengatakan, perlintasan liar yang dipatok ini paling banyak terdapat di Kabupaten Grobogan sebanyak 33 tempat, Blora 17 tempat, Kendal 10 tempat dan Semarang, 13 tempat.

“Perlintasan ini dipatok atau ditutup agar bisa mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan kereta api (KA),” katanya Senin (9/9/19).

Disebutnya, untuk perlintasan sebidang ilegal yang belum ditutup jumlahnya masih sekitar 90 tempat, paling banyak ada di Kabupaten Grobogan 33 tempat, Demak 14 tempat, dan Semarang 12 tempat atau titik yang ada.

“Jumlah perlintasan yang tidak dijaga juga masih banyak, ada sekitar 219 tempat atau titik, sementara perlintasan yang dijaga jumlahnya 124 tempat,” ucapnya.

Sementara itu, Pengamat Transportasi dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno mengemukakan, masalah perlintasan liar atau sebidang ini harus diselesaikan oleh PT KAI dan Pemerintah Daerah.

“Tujuannya adalah untuk menekan angka kecelakaan, Kepolisiam pun harus tegas untuk menindak pelanggar di perlintasan sebidang,” ucapnya.

Ditambahkan, selain menjadi simpul terjadinya kecelakaan, perlintasan sebidang merupakan titik kemacetan. Tingginya frekuensi perjalanan KA, sehingga mengakibatkan waktu tunggu untuk pengguna jalan raya semakin lama.

“Upaya penutup ini sebenarnya ada, namun terkadang ada penolakan dari warga,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Lebih Dari 20 Ribu Pelanggan Manfaatkan Promo Tambah Daya PLN

JAKARTA – Program promo tambah daya listrik “Ramadan Peduli“ dan "Ramadan Berkah" disambut baik oleh pelanggan. Hingga 16 Mei...

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda