Regina Antusias Membatik Pakai Canting Listrik 

Regina Antusias Membatik Pakai Canting Listrik 

-

- Advertisment -spot_img

SURAKARTA – Regina Vanesa (16) Siswi kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Surakarta nampak begitu antusias membatik Selasa (10/12). Tidak seperti biasanya, Regina dan ratusan siswa SMA N 1 Surakarta membatik tidaklah menggunakan canting konvensional, namun menggunakan canting listrik.

Regina dan teman-temannya, membatik menggunakan canting listrik dalam rangka memperkenalkan dan mengajak kepada pola hidup “Electrifying Lifestyle”. Kegiatan ini merupakan bagian dari acara ulang tahun SMA Negeri 1 Surakarta ke-70 yang disponsori oleh PLN.

Mereka nampak begitu antusias, menggoreskan lilin ke kain. Setiap goresan dilakukan secara hati-hati. Maklum saja mereka belum terbiasa menggunakan canting dari listrik.

Regina mengaku mendapatkan pengalaman baru. Menurutnya, membatik menggunakan canting listrik lebih simpel ketimbang canting konvensional, selain itu juga lebih efisien karena tidak perlu menggunakan kompor dan wajan untuk memanaskan lilin batik. Canting listrik tersebut diberikan sebagai bantuan dari PLN untuk menunjang kegiatan siswa.”Simpel penggunaannya, dan lebih mudah,” katanya.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta, Ari Prasetyo Nugroho mengatakan, PLN mengajak para siswa SMA Negeri 1 Surakarta membatik menggunakan canting listrik dalam rangka memperkenalkan dan mengajak kepada pola hidup “Electrifying Lifestyle”

“Electrifying Lifestyle adalah gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Kegiatan membatik menggunakan canting listrik ini juga sejalan dengan tema acara yaitu “Nguri-uri Budaya Jawa”. Nguri-uri dalam frase Jawa sering dikaitkan dengan merawat tradisi atau segala bentuk kebudayaan Jawa. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan menjaga warisan leluhur yang dikemas dalam tata cara dan nilai – nilai Jawa.

Bersamaan dengan pemberian canting listrik, PLN juga turut membantu merenovasi kantin SMA Negeri 1 Surakarta serta memberikan 4 kompor induksi untuk keperluan operasional.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN UP3 Surakarta yang telah memberikan support dalam acara Ulang Tahun SMA Negeri 1 Surakarta ini,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Surakarta, Harminingsih.

Selain membatik, PLN juga mengadakan demo masak dengan kompor induksi dan test drive motor listrik. Tingginya animo para siswa terhadap Electrifying Lifestyle terlihat dari banyaknya yang menjajal motor listrik dan mencoba memasak dengan kompor induksi.(ZP/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...

Curhat Miris Pengusaha Jateng saat PPKM Darurat, Jual Aset hingga PHK

SEMARANG - Pengusaha muda di Jawa Tengah sangat terpukul dengan kebijakan PPKM Darurat yang diberlakukan oleh Pemerintah. Ketua Himpunan Pengusaha...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Stimulus Kelistrikan, Upaya Pemerintah Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia cukup banyak mengeluarkan program bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda