Ekonomi BisnisREI Sertifikasi Kompetensi 65 Pengembang di Jateng

REI Sertifikasi Kompetensi 65 Pengembang di Jateng

-

- Advertisment -spot_img

Paulus Totok Lusida, Sekjen DPP Real Estat Indonesia (REI) saat membuka kegiatan diklat anggota DPD REI Jateng di Harris Hotel Semarang, Selasa (12/2).

SEMARANG- Real Estate Indonesia (REI) akan melakukan sertifikasi kompetensi kepada 65 pengembang properti anggota REI di Jawa Tengah yang dilaksanakan 14 – 15 Februari 2019 mendatang.

Adapun Sertifikasi dilakukan melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) REI yang merupakan satu-satunya lembaga sertifikasi yang saat ini diakui pemerintah.

Ketua DPD REI Jateng, MR Prijanto mengatakan, 65 peserta yang ikut sertifikasi merupakan anggota REI yang baru bergabung di tahun 2018 kemarin.

Disebutnya, sertifikasi ini sesuai dengan UUD nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, di mana pemerintah mensyaratkan pengembangan harus bersertifikat.

“Ini disyaratkan supaya pengembang memang betul-betul berkompeten dalam membangun, jadi benar-benar tahu, sehingga tidak dibilang abal-abal yang tahu-tahu pergi,” katanya dalam kegiatan diklat bagi anggota DPD REI Jateng, di Haris Hotel Semarang, Selasa (12/2).

Dikatakan, ke depan sedikitnya 300 anggota REI Jateng akan disertifikasi semua. Sedangkan, bagi di luar anggota REI yang ingin disertifikasi tidak menutup kemungkinan akan dilayani.

“Sementara memang kita masih anggota dulu, namun tidak meuntup kemungkinan yang ingin disertifikasi REI juga bisa. Beberapa daerah juga ada yang minta, karena LSP REI ini memang satu-satunya,” ujarnya.

Ditambahkan, ada tujuh skema uji kompetensi yang bisa diikuti oleh para pengembang mulai
pemilihan lokasi, membangun hunian, memasarkan, perizinan, keuangan, managemen dan lainnya. Namun, lanjutnya pada sertifikasi kali ini dibatasi hanya dua saja.

“Sertifikasi di Jateng perdana, sebelumnya di Jawa Barat, minggu depan, Palembang, Pekan Baru, Batam, setiap bulan bergerak untuk sertifikasi anggota REI se-Indonesia yang jumlahnya lebih dari 5000,” tandasnya.

Sementara pada kegiatan diklat anggota DPD REI Jateng tersebut diikuti sebanyak 165 anggota. Kegiatan sendiri akan dilakukan selama dua hari Selasa – Rabu, 12 – 13 Februari 2019 dan dilanjutkan sertifikasi kompetensi pengembang tersebut. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Penerimaan Pajak Jateng I Capai Rp 24 Triliun hingga November 2021

SEMARANG - Kinerja penerimaan Pajak Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I hingga tanggal 30 November 2021 tercatat adanya pertumbuhan...

Erick Thohir Tunjuk Darmawan Prasodjo Jadi Direktur Utama PLN

JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021 memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama...

Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Sarfas Pertamina

SEMARANG - Guna memastikan seluruh kegiatan operasi dan layanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar di tengah kondisi pandemi, Komisaris...

PLN Berikan Gerobak Motor Listrik Kepada UKM, Tingkatkan Produktivitas

SEMARANG – PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah...
- Advertisement -spot_imgspot_img

SWI Minta Masyarakat Waspadai Penawaran Aset Kripto

JAKARTA - Satgas Waspada Investasi (SWI) meminta masyarakat untuk mewaspadai penawaran investasi aset kripto yang saat ini marak agar...

PGN Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi Jawa Tengah

JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan penyediaan gas bumi untuk Jawa Tengah, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina menandatangani...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda