Rektor USM Dr Supari Menyampaikan Kuliah di USM Itu Mudah

0
Rektor USM Dr Supari S.T, M.T, saat tampil menjadi nara sumber Dialog Rektor Menyapa di Radio USM Jaya. (foto:ist)

 

SEMARANG, ZONAPASAR.COM – Rektor Universitas Semarang (USM) Dr Supari, S.T, M.T, menyampaikan berbagai kemudahan bagi yang ingin mendaftar kuliah di USM.

”Kuliah di USM itu mudah, tapi tanpa meninggalkan standar kualitas yang ada di pendidikan tinggi,” ujar Rektor USM, Dr Supari saat menjadi narasumber dalam Dialog Rektor Menyapa dengan mengusung tema ”Kuliah di USM itu Mudah” di Radio USM Jaya pada Selasa (4/6).

Menurutnya, kuliah di USM sangat mudah, salah satunya karena pendaftaran dapat melalui website USM yaitu pmb.usm.ac.id atau dapat datang langsung di Ruang PMB Lantai 1 Gedung A USM.

”Di USM sudah dilengkapi aplikasi yang bisa memudahkan mahasiswa selama masa perkuliahan seperti SIMA atau sistem infromasi untuk mahasiswa, isinya presensi mahasiswa, KRS, dan lain-lain. Ada aplikasi E-learning untuk materi pembelajaran dari dosen, aplikasi Siska untuk mengajukan administrasi dari orma USM. Kita berlangganan aplikasi meeting online,” kata Supari.

USM memiliki 16 program studi baik program diploma, sarjana, maupun magister yang dilengkapi fasilitas penunjang seperti ruang kelas ber-AC, perpusatakaan, hingga berbagai laboratorium yang dapat digunakan oleh mahasiswa.

Supari menambahkan, USM juga memiliki sejumlah Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat dimanfaatkan mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dan bakat.

”Ada juga kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara rutin setiap tahun, baik yang dibiayai oleh Yayasan Alumni Undip, USM, maupun lembaga lainnya yang sudah bekerja sama dengan USM seperti Pemkot sampai instansi swasta,” ujarnya.

Sementara itu, USM juga memiliki program beasiswa mulai dari beasiswa Yayasan Alumni UNDIP, beasiswa prestasi akademik dan nonakademik, beasiswa Djarum Foundation, beasiswa LPDP, beasiswa KIPK, beasiswa cendekia baznas, hingga beasiswa afirmasi pendidikan tinggi.

”Ada beberapa mahasiswa itu sudah masuk ke USM lewat jalur prestasi akademik. Kemudian di semester pertama dia juara satu dari nilainya indeks prestasi di prodinya sampai semester 8, jadi 4 tahun kuliah tidak bayar. Dan selama kuliah juga ada membuat proposal yang dibiayai Dikti ke luar pulau. Jadi asalkan konsisten, itu semua bisa terjadi,” jelasnya.

Dia mengatakan, kuliah di USM merupakan universitas dengan biaya yang relatif terjangkau dan terdapat diskon-diskon bagi masyarakat yang berasal dari institusi yang telah bekerja sama dengan USM atau wilayah yang telah bekerja sama dengan prodi-prodi di USM.

Menurut Supari, USM memiliki dosen yang sebagain besar bergelar doktor dan profesor yang semakin meningkat di setiap tahun serta berkompeten di bidangnya.

”Kita mendatangkan praktisi-praktisi yang berpengalaman untuk mengajar di kelas-kelas USM, supaya langsung terasa seperti apa yang ada di lapangan sana dan memberikan gambaran real kepada mahasiswa. Jadi, untuk membuat mahasiswa mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh lapangan kerja, itulah yang diusahakan USM bagaimana mencapai kompetensi itu,” terangnya.

Selama 37 tahun berdiri, katanya, USM telah memiliki hampir 50 ribu lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara baik yang terserap di sektor usaha maupun industri. Selain jaringan alumni, USM juga melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga yang dapat menyerap lulusan USM.

”Sehingga diusahakan agar lulusan USM relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Ada juga, di USM memang diciptakan bagi mahasiswa yang berminat menjadi wirausaha. Jadi tidak semua lulusan mencari kerja tapi menciptakan lapangan kerja. Dan USM juga rutin menyelenggarakan job fair,” tuturnya.

Dia menegaskan, bagi calon mahasiswa yang ingin mengetahui gambaran prodi di USM dapat membuka website usm.ac.id. Dapat menghubungi Call Center PMB USM 024-670 2757 atau WhatsApp 085 6400 122 29.

”USM juga punya medsos di semua platform yang bisa di chat atau DM untuk tanya-tanya soal pendaftaran atau prodi. Kalau masih belum puas, bisa cek juga di medsos prodi, ada banyak informasi, testimoni sampai prestasi dari masing-masing program studi,” terang Supari. (***)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan