RNI Salurkan Bantuan Banjir di 6 Kabupaten/Kota

JAKARTA – Sebagai wujud kepedulian terhadap korban banjir di wilayah Jabodetabek dan Karawang, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyalurkan sejumlah bantuan berupa paket selimut, makanan pokok, serta alat kelistrikan ke 50 titik yang tersebar di Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Karawang. Penyaluran bantuan telah dimulai pada Kamis, 2 Januari 2020, dan dilakukan secara bertahap hingga, Sabtu, 4 Januari 2020.

Direktur Utama RNI Eko Taufik Wibowo mengatakan, RNI telah menyalurkan bantuan ke 6 kota/kabupaten di wilayah Jabodetabek dan Karawang yang terdampak banjir di awal tahun ini. Penyaluran dilakukan kepada wilayah yang terbagi dalam 4 zonasi, yaitu zonasi 1 meliputi Bekasi Barat, Bekasi Timur, dan Karawang, zonasi 2 meliputi wilayah Bekasi Utara, zonasi 3 meliputi wilayah Ciledug, Bintaro, dan Jakarta Barat, dan zonasi 4 meliputi wilayah Tangerang dan Cengkareng.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban para korban banjir, serta sebagai bentuk kepedulian RNI di tengah musibah yang sedang melanda wilayah Jabodetabek,” ungkapnya, Sabtu (4/1/20).

Eko menambahkan, RNI berupaya merespon cepat bencana yang terjadi dengan membentuk tim yang bertugas untuk menghimpun dan menyalurkan bantuan bagi korban bencana banjir di sejumlah titik.

“Tim kami melakukan pendataan karyawan yang terdampak serta wilayah mana saja yang dekat dengan kantor cabang Rajawali Nusindo, salah satu anak perusahaan RNI, sehingga bisa segera di-cover melalui penyaluran bantuan logistik,” ujarnya.

Selain penyaluran bantuan secara langsung, RNI juga menyalurkan bantuan melalui Posko BUMN untuk wilayah Tangerang yang di koordinir oleh PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) di Airport City di kecamatan Teluknaga, atau terletak di belakang Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Di samping itu, RNI bersama AP II, PT Pertamina (Persero), PT Sarinah (Persero), AirNav Indonesia, dan PT INKA (Persero) bersinergi membentuk Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN untuk wilayah Tangerang. Tim tersebut merupakan bagian dari Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN yang ada di 10 wilayah yakni di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Bekasi, Karawang, Bogor, Tangerang dan Tangerang Selatan.

Seluruh tim dibentuk Kementerian BUMN di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan tujuan membantu masyarakat setempat memulihkan kembali kondisi lingkungan setelah terjadinya banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jabodetabek beberapa hari lalu.

Sinergi Lintas BUMN dalam penanganan banjir ini juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo agar seluruh pihak bahu membahu dalam membantu warga.

Eko berharap melalui sinegi dan kerja bersama yang digalang oleh berbagai pihak, kondisi dan situasi dapat segera berangsur normal sehingga warga dapat kembali beraktivitas seperti biasa. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here