UmumSerba-serbiSambut Mudik, Banser Jawa Tengah Terjunkan 12.480 Personel 

Sambut Mudik, Banser Jawa Tengah Terjunkan 12.480 Personel 

-

- Advertisment -spot_img

NGECEK: Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya mengecek kesiapan Posko Mudik Banser di Pos Depan Masjid Syuhada Kota Pekalongan. 

SEMARANG – Menyambut pemudik untuk merayakan Idul Fitri 2018, Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Tengah, mengaktifkan 312 Pos Komando (Posko) Mudik Banser 2018, yang melibatkan 12.480 personel.

Sejumlah personel Banser tersebut memiliki keahlian atau terlatih dalam bantuan lalu lintas dan pertolongan pertama kecelakaan. Setiap Posko, bakal ditempatkan sekitar 40 personel tiap harinya, ditambah personel cadangan. Tiap hari dibagi 2-3 shift, dan tiap shift diterjunkan sekitar 15-20 personel.

Mereka disiagakan di tempat-tempat strategis rawan kecelakaan, terminal, stasiun, pelabuhan, masjid atau musala dan tempat wisata di sepanjang Jalur Pantura, Jalur Tengah dan Jalur  Selatan di wilayah Jawa Tengah.

“Kegiatan Posko Banser ini adalah kegiatan tahunan selama masa mudik lebaran. Tujuannya untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi berbagai hal yang timbul akibat mudik,” kata PJS Kasatkorwil Banser Jawa Tengah, Muchtar Makmun, Senin (11/6/2018).

Posko tersebut didirikan di Jalur Pantura sebanyak 117 Posko, Jalur Tengah ada 117 Posko, dan Jalur Selatan ada 78 Posko.

Jalur Pantura antaralain dari Brebes sampai Rembang, meliputi Brebes 15 Posko, Kota Tegal 4 Posko, Kabupaten Tegal 18 Posko, Kabupaten Pemalang 14 Posko, Kabupaten Pekalongan 13 Posko, Kota Pekalongan 5 Posko, Kabupaten Batang 9 Posko, Kendal 13 Posko, Kota Semarang 8 Posko, Demak 6 Posko. Kemudian Kudus 1 Posko, Pati 3 Posko, Rembang 8 Posko.

“Untuk Kabupaten Jepara tidak didirikan posko, karena pertimbangannya di daerah ini cenderung bukan jalur mudik,” kata Muchtar Makmun atau akrab disapa Naga Bonar.

Selanjutnya di Jalur Tengah antaralain Banyumas 49 Posko, Purbalingga 13 Posko, Banjarnegara 4 Posko, Wonosobo 13 Posko, Temanggung 8 Posko, Kabupaten Magelang 11 Posko, Kota Salatiga 3 Posko, Kabupaten Semarang 6 Posko, Boyolali 3 Posko, Grobogan 4 Posko, Blora 3 Posko.

Di Jalur Selatan, antaralain Cilacap 12 Posko, Kebumen 18 Posko, Purworejo 13 Posko, Klaten 13 Posko, Wonogiri 3 Posko, Sukoharjo 7 Posko, Kota Surakarta 3 Posko, Sragen 5 Posko, Karanganyar 4 Posko.

“Dengan Total 312 Posko yang melibatkan 12.480 personel di seluruh wilayah Jawa Tengah, Banser berupaya menekan dampak negatif tradisi mudik yang sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat kita,” kata Naga Bonar.

Adapun Posko Mudik Banser 2018 ini sebagian besar berbasis musala, masjid, pesantren dan kantor NU. Tiap posko menyediakan informasi lalu lintas, informasi jalur alternatif, tempat peristirahatan, tempat salat, takjil buka puasa, posko kesehatan, dan pijat gratis.

Selain itu, Banser juga menerjunkan ribuan personel Satuan Khusus Barisan Ansor Serbaguna Lalu-Lintas (BALANTAS) untuk membantu mengurai kemacetan yang kemungkinan akan terjadi.

Ditegaskan oleh Naga Bonar, Posko Banser ini bertugas sejak H-5 sampai H+5 Lebaran.

Posko Banser ini nantinya berkoordinasi terpadu dengan kepolisian dan aparat pemerintah terkait, untuk bahu membahu menjaga keamanan Perayaan Idul Fitri.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah, H Sholahuddin Aly mengungkapkan, Posko Mudik Banser ini adalah kegiatan rutin tiap tahun untuk membantu pemudik, agar nyaman dan selamat sampai tujuan.

“Kami menganggap para pemudik termasuk bagian dari orang yang jihad fi sabilillah, karena sudah jauh bekerja memikirkan rumah tangga, dan momentum Lebaran pulang menjumpai keluarga untuk bersilaturahmi. Maka kami terpanggil membantu arus mudik,” ungkap Gus Sholah.

Adapun, pada Minggu (5/11/2018) malam, Gus Sholah telah memberangkatkan tim monitoring Posko Mudik Banser 2018 dari halaman kantor Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah di Jalan Dr Cipto, Kota Semarang.

“Untuk sahabat-sahabat Banser, kita dari GP Ansor Jawa Tengah menyiapkan hadiah. Hadiahnya adalah tiga ekor kambing, untuk tiga posko terbaik. Untuk pemudik, jangan sungkan singgah di Posko Banser,” ungkapnya.

Adapun, nomor telepon darurat yang dapat dihubungi yakni Mukhtar Makmun (081334463455), Abdullah (081329879992), DR Shidqon Hamzah (08124124187) (zp/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

*Kembangkan Desa Digital BOYOLALI- PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12...

Jelang Larangan Mudik, 27 Ribu Kendaraan Sudah Masuk Jateng Via Tol

SEMARANG - Jasa Marga Semarang-Batang mencatat 27 ribu kendaraan sudah memasuki Jawa Tengah hingga 1 Mei 2021 jelang larangan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Santika Indonesia Hotels and Resorts Raih Penghargaan sebagai Perusahaan Tahan Pandemi

SEMARANG - Santika Indonesia Hotels & Resorts boleh berbangga diri karena pada peringatan Hari Buruh International, yang jatuh pada...

KA Jarak Jauh Untuk Perjalanan Mendesak dan Non Mudik

SEMARANG- Pada periode 6-17 Mei 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh hanya bagi pelaku...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda