PeristiwaSektor Energi dan Infrastruktur Jadi Andalan Jateng Tarik Investor

Sektor Energi dan Infrastruktur Jadi Andalan Jateng Tarik Investor

-

- Advertisment -spot_img

Istimewa.

SEMARANG- Sektor energi dan infrastruktur menjadi andalan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam menarik banyak investasi di tahun 2019.

Kepala DPMPTSP Provinsi Jateng Prasetyo Aribowo mengatakan, sektor energi akan didorong oleh Pemprov untuk menarik investor. Menurutnya, adanya pembangunan PLTU di beberapa daerah akan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Adapun sepanjang tahun 2018 sedikitnya ada 35 Pemilik Modal Asing (PMA) dan 36 Pemilik Modal Dalam Negeri (PMDN) yang berinvestasi di Jawa Tengah.

“Energi tahun ini menjadi andalan kami, sebab pembangunan PLTU di Kabupaten Batang sudah capai 57% dengan kapasitas 2×1000 megawatt yang rencananya akan selesai pada 2020 nanti. Kami harap dengan adanya PLTU ini akan menarik investor sebanyak mungkin,” kata Prasetyo, Kamis (17/1).

Dilanjutkan, selain energi, infrastruktur juga jadi andalan Jateng seperti pembiayaan pembangunan jalan tol Semarang – Demak yang akan memasuki proses lelang pada Februari mendatang.

Dijelaskan, target investasi di Jateng tahun 2019 sebenarnya sebesar Rp 54 triliun. Namun demikian, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta agar sepanjang tahun ini investasi yang masuk harus mencapai Rp 56 triliun.

Ditambahkan, target yang diberikan oleh Gubernur Jateng cukup tinggi. Namun, pihaknya optimistis bisa tercapai dengan beberapa sektor unggulan seperti energi dan infrastruktur.

“Untuk investasi kami sebenarnya menargetkan Rp 54 triliun selama 2019. Tapi pak Ganjar menginginkan investasi yang masuk mencapai Rp 56 triliun dan saya optimis akan tercapai akhir tahun ini,” ujarnya.

Sementara, lanjutnya untuk sektor lain seperti industri makanan olahan, tekstile dan industri kimia masih menjadi pendorong investasi di Jawa Tengah. Khusus untuk produk tekstile bahkan menyumbangkan 43% dari total eskpor di Jateng. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pengusaha Makin Sadar Pakai Dexlite

SEMARANG– Kesadaran penggunaan Dexlite sebagai bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan dengan emisi pembakaran yang rendah di kalangan pengusaha...

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda