NasionalSetda Jateng: Pembangunan Daerah Harus Sesuai Visi Gubernur Terpilih

Setda Jateng: Pembangunan Daerah Harus Sesuai Visi Gubernur Terpilih

-

- Advertisment -spot_img

Sekretaris Daerah Jateng, Sri Puryono.

SEMARANG- Perencanaan pembangunan daerah lima tahunan harus disusun selaras dengan visi dan misi gubernur terpilih. Sebab, program dan kegiatan perangkat daerah merupakan manifestasi atas visi, misi, dan program kerja gubernur.

“Upaya perwujudan visi-misi serta program kerja gubernur menuntut manajemen pemerintahan daerah yang efektif, efisien serta akuntabel. Mulai dari tahapan perencanaan, penganggaran, serta pengendalian dan evaluasi,” kata Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono dalam keterangan pers, Kamis (26/7).

Sri Puryono menjelaskan, KPU telah menetapkan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng terpilih periode 2018 – 2023. Karenanya, mesti dilakukan penyesuaian pada penyusunan perencanaan pembangunan daerah lima tahunan yang tertuang dalam dokumen rencana strategis (renstra) perangkat daerah tahun 2018 yang kemudian menjadi materi penyusunan dokumen RPJMD 2018 – 2023.

“Misalnya di Kehutanan ada janji ‘Jateng Ijo Royo-royo’, maka itu harus diterjemahkan dalam rencana strategis pembangunan lima tahun ke depan,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini pihaknya tengah merumuskan jabaran rencana program dan kegiatan 2018-2023, khususnya di lingkup Setda, yang terdiri atas sembilan program dan 145 kegiatan yang tersebar di delapan biro di lingkup Setda.

Program dan kegiatan tersebut telah mendasarkan pada tugas dan fungsi Setda sesuai diamanatkan Peraturan Gubernur Nomor 54 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Ia melanjutkan, guna merumuskan program dan kegiatan yang efektif dan mencerminkan visi, misi, program kerja gubernur terpilih dalam dokumen perencanaan strategis, biro-biro bisa segera menajamkan rencana kerja 2019 dan renstra 2018-2023 mengacu kepada visi-misi dan program kerja gubernur terpilih.

Selain itu, meningkatkan koordinasi dengan SKPD dalam rangka meningkatkan kinerja dan fungsi SKPD, biro harus mampu mengendalikan pencapaian target kinerja perangkat daerah maupun target indikator makro pembangunan daerah tahun 2018-2023. Tidak kalah penting, mengidentifikasi kebijakan-kebijakan strategis dan mengawal pencapaian target yang dilaksanakan SKPD.

“Tidak hanya kepada biro, saya juga meminta kepada seluruh SKPD untuk melakukan langkah-langkah percepatan guna pencapaian target indikator kinerja RPJMD 2013-2018, berkoordinasi intensif dengan Bappeda maupun biro pengampu untuk merumuskan program dan kegiatan, membangun soliditas dan jejaring koordinatif antar-SKPD, kemitraan dengan pemerintah pusat dan kabupaten/kota,” ucapnya.

Dia berharap forum tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai media untuk merumuskan berbagai agenda penguatan peran berbasis visi, misi, program kerja gubernur, serta tugas dan fungsi SKPD secara lebih nyata dan inovatif dalam rencana strategis pembangunan Jawa Tengah lima tahun ke depan. Berlandaskan semangat gotong-royong dan kerjasama, serta dengan terus menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme dan integritas. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

JNE Ikut ‘Mengantarkan’ Kesuksesan Bigissimo

SEMARANG - Kesuksesan penjualan produk fashion bigsize yang digeluti Prasina Dewi Nur Cahyani melalui brand Bigissimo tak terlepas juga...

Kerja Sama XL Axiata – Bank BCA Permudah Pelanggan Beli Paket Data

JAKARTA– PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerjasama strategis dengan Bank Central Asia (BCA) guna mempermudah pelanggan yang...

Stall Gerobak Nasi Goreng Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Berbagai Menu makanan dengan bahan dasar nasi sepertinya masih menjadi idola untuk masyarakat Indonesia. Sebut saja Nasi...

Bentomie, Perpaduan Mie dan Bento

SEMARANG- Pengunjung Prima Raja Resto yang berada di kawasan Puri Anjasmoro Semarang kini diberikan ragam pilihan menu. Selain seafood...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Masjid Megah Pendiri JNE, diresmikan Gubernur Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG– Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pertama kali dibangun oleh pendiri JNE, Almarhum Bapak H. Soeprapto Soeparno tahun 1979....

XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

*Pastikan Kualitas Jaringan di Magelang, Wonosobo, dan Temanggung MAGELANG- Industri wisata di Jawa Tengah terus menggeliat dan mencoba bangkit, antara...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda