Ekonomi BisnisSiap Sambut World Superbike, PLN Terapkan Listrik Tanpa Kedip...

Siap Sambut World Superbike, PLN Terapkan Listrik Tanpa Kedip di Mandalika

-

- Advertisment -spot_img
TANPA KEDIP- PLN berkomitmen menyediakan listrik andal tanpa kedip di Sirkuit Mandalika, untuk mendukung perhelatan lomba balap motor internasional. Foto : ist/zonapasar.com

MATARAM – PT PLN (Persero) berkomitmen menyediakan listrik andal tanpa kedip di Sirkuit Mandalika, untuk mendukung perhelatan lomba balap motor internasional, dengan menggelontorkan investasi sebesar Rp 47,5 miliar.

Gelaran World Superbike (WSBK) 2021 akan dihelat di Sirkuit Mandalika, pada 19 hingga 23 November 2021 mendatang. Selain superbike, ajang balapan motor juga akan dibuka dengan ajang Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) pada tanggal 12-14 November 2021.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi mengatakan, untuk bisa mendukung dua gelaran internasional tersebut PLN menerapkan skema ‘zero down time’ agar pasokan listrik andal tanpa kedip.

Agung menjelaskan, PLN sudah siap untuk melistriki Jalan Kawasan Khusus, sirkuit Mandalika dengan daya yang dibutuhkan adalah sebesar 5,19 Mega Volt Ampere (MVA).

“Investasi yang dikeluarkan PLN sebesar Rp 47,5 miliar khusus untuk merealisasikan skema ‘Zero Down Time’ atau layanan tanpa kedip. Ini dukungan penuh PLN untuk mensukseskan IATC dan WSBK, dan nanti MotoGP pada 2022,” jelas Agung.

Untuk memastikan pasokan listrik tetap aman, PLN juga menyiapkan sistem kelistrikan cadangan dengan 6 Unit Mobile Trafo, 7 unit genset dengan total kapasitas 3.200 kiloWatt (kW) dan 9 unit ‘Uninterrutible Power Supply’ (UPS) berkapasitas 1.070 kiloVolt Ampere (kVA).

“Kami mendatangkan 4 unit UPS dari beberapa PLN unit lain di luar NTB, yaitu NTT, Jakarta dan Bali. Sedangkan 2 unit dari Sumbawa dan 1 dari Mataram. Untuk genset, 2 unit kami mobilisasi dari Jeranjang, dan sebagian lain dari Sumbawa dan Bima,” ujar Agung.

Koordinasi dengan ITDC juga terus dilakukan untuk memastikan kesiapan listrik di masing masing ‘venue’. Terdapat beberapa titik yang vital, yaitu ‘race control, bright store, TV compound, medical center, observation deck dan juga pit building.

“Masing masing venue akan dijaga oleh beberapa personel dari PLN. Kami pastikan untuk memberikan yang terbaik untuk Mandalika,” tukas Agung.

Selain infrastruktur kelistrikan yang telah siap untuk melistriki perhelatan akbar, PLN juga menyiagakan 244 personel untuk menjaga keandalan listrik di di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Tambahan personel dari Sumbawa dan Bima, atau bahkan dari luar provinsi NTB juga siap untuk didatangkan apabila diperlukan.

Seluruh persiapan dilakukan untuk merealisasikan layanan ‘Zero Down Time’, yaitu listrik layanan tanpa kedip dengan cara penyediaan sistem suplai berlapis. Sistem utama berasal dari sistem kelistrikan Lombok, yang akan di dukung dengan UPS dan genset sebagai cadangan pasokan. Ini merupakan komitmen PLN untuk memastikan listrik yang andal demi menyukseskan penyelenggaraan IATC dan WSBK 2021.(zav)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Siap Serap Listrik 5 MW dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SURAKARTA - PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)...

‘CB150R Charity’ Kumpulkan Rp8 Juta Untuk Anak Disabilitas

SOLO – Astra Motor Jateng bersama dengan Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” dengan melakukan live Instagram...

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jateng

SURAKARTA- PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

Hotel Santika Pekalongan Rutin Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan Sebagai salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Pekalongan menggelar Simulasi Fire Drill...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Indosat Ooredoo Hutchison Siap Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Dipilih di Indonesia

SEMARANG – Indosat Ooredoo Hutchison telah mengumumkan penyelesaian penggabungan usaha pada 4 Januari 2022 lalu, setelah menerima semua persetujuan...

Membanggakan, Desa Wisata Bakti BCA Torehkan Prestasi Gemilang

JAKARTA– PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility senantiasa berkomitmen memberikan kontribusi bagi negeri ini....

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda