Sinergi PLN Icon Plus dan PLN EPI Dorong Ekonomi Sirkuler Gunungkidul

* Melalui Program Desa Berdaya

0

ZONAPASAR.COM, YOGYAKARTA- Dalam rangka implementasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), PLN Icon Plus bersama dengan PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menggelar kegiatan Desa Berdaya Gunungkidul. Program ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi sirkuler masyarakat setempat melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing bagi pelaku UMKM.

Desa Berdaya Gunungkidul merupakan program prioritas TJSL yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh PLN Icon Plus bersama dengan PLN EPI. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Gombang dan Desa Karangasem dengan melibatkan berbagai UMKM binaan seperti Ron Art Eroniti, KWT Mustika Sari, Batu Ukir, dan beberapa UMKM lainnya di desa Gombang dan Karangasem. Program ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital serta meningkatkan dan memperluas pemasaran produk UMKM.

Kegiatan Desa Berdaya dilaksanakan pada tanggal 27 & 28 Juni 2024 di Balai Padukuhan Klepu, dengan peserta yang terdiri lebih dari 30 peserta pelaku UMKM, perwakilan dari PLN Icon Plus, PLN EPI, serta Pemerintah Kabupaten. Selama dua hari, para peserta mendapatkan pelatihan intensif tentang digital marketing, penggunaan platform marketplace, serta pemanfaatan media sosial.

Hari pertama kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Gombang dan Karangasem, selanjutnya para peserta menerima materi pelatihan yang difokuskan pada dasar-dasar digital marketing.

Pada hari kedua, pelatihan dilanjutkan dengan materi tentang strategi pemasaran di marketplace dan media sosial. Para peserta diberikan waktu untuk melakukan ujicoba guna mengukur pemahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan. Peserta juga diperkenalkan fitur yang terdapat pada aplikasi PLN Mobile, sebagai one-stop app solution yang memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk memasarkan dan memperkenalkan produk mereka secara lebih luas.

Beberapa UMKM yang terlibat dalam program ini antara lain:
* Ron Art Eroniti: UMKM yang bergerak di bidang batik ecoprint dengan produk berupa kain, kaus, tas, dan dompet. Inovasi UMKM ini terletak pada penggunaan pewarna alami dari daun-daunan.
* KWT Mustika Sari: UMKM yang memproduksi jamu dan minuman herbal seperti jamu kunir asam dan jahe bubuk.
* Batu Ukir: UMKM yang memproduksi berbagai macam batu ukir dengan berbagai ukuran.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. “Kami sangat bangga dapat melaksanakan program kolaborasi antara PLN Icon Plus dan PLN Energi Primer Indonesia dalam program Desa Berdaya Gunungkidul. Melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing, kami berharap UMKM di Gunungkidul dapat lebih berkembang dan mampu bersaing di pasar digital. Kami juga turut mendukung UMKM untuk masuk ke pasar digital melalui fitur marketplace yang terdapat pada aplikasi PLN Mobile. Ini merupakan wujud komitmen nyata kami dalam implementasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan teknologi.”

Kegiatan Desa Berdaya di Gunungkidul merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen PLN Group dalam mendukung pemberdayaan masyarakat. Melalui program ini, diharapkan masyarakat setempat dapat lebih mandiri serta berdaya saing tinggi, khususnya dalam menghadapi era digitalisasi.

Kolaborasi antara PLN Icon Plus dan PLN Energi Primer Indonesia dalam program Desa Berdaya Gunungkidul menunjukkan sinergi antar perusahaan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan pelatihan dan pendampingan yang diberikan, para pelaku UMKM diharapkan dapat tumbuh dan berkembang serta mampu memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar.

Kegiatan ini juga menjadi contoh bagaimana program TJSL dapat memberikan manfaat nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat. Dengan komitmen yang kuat dari PLN Icon Plus dan PLN EPI, Desa Berdaya Gunungkidul diharapkan dapat menjadi program pemberdayaan masyarakat yang berhasil dan dapat menginspirasi daerah lain di Indonesia.(zav)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan