PeristiwaTangani Banjir, BPBD Jateng Sigap Tangani Tanggul Jebol

Tangani Banjir, BPBD Jateng Sigap Tangani Tanggul Jebol

-

- Advertisment -spot_img

Foto udara kondisi tanggul Sungai Tuntang yang jebol dan mengakibatkan banjir di Desa Trimulyo, Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (9/1). ANTARA FOTO/Aji Styawan/foc.

SEMARANG – Sejumlah tanggul sungai di Jawa Tengah jebol akibat hujan deras beberapa hari terakhir. Akibatnya, sejumlah daerah mengalami musibah banjir.

Terbaru, tanggul Sungai Tuntang yang melintas di daerah Guntur Kabupaten Demak jebol pada Kamis (9/1). Beberapa daerah di sekitar sungai kebanjiran dan 1.600 warga terpaksa mengungsi.

Tanggul jebol juga terjadi di Kabupaten Pati, tepatnya di Kecamatan Dukuhseti pada Jumat (10/1). Akibatnya, beberapa desa mengalami musibah banjir.

Kapala BPBD Jateng, Sudaryanto mengatakan, sebanyak 1.600 warga Demak terpaksa mengungsi akibat banjir yang terjadi pada Kamis (9/1). Sementara di Pati, banjir hanya berlangsung sebentar dan saat ini air sudah mulai surut.

“Tindakan kami, selain segera melakukan evakuasi terhadap masyarakat khususnya di Demak, kami juga langsung berupaya menutup tanggul-tanggul yang jebol. Bersama TNI/Polru, relawan dan masyarakat bahu juga langsung gotong royong menutup tanggul-tanggul yang jebol itu dengan karung plastik berisi pasir. Mudah-mudahan hari ini selesai agar banjir tidak semakin parah,” kata dia.

Pembuatan tanggul sementara lanjut Sudaryanto dilakukan sebagai tindakan darurat bencana. Nantinya, perbaikan tanggul secara permanen tetap akan dilakukan sambil menunggu ketersediaan anggaran.

“Sambil menunggu anggaran perbaikan tanggul permanen, tanggul-tanggul sementara itu diharapkan mampu menahan limpasan air dari sungai,” tambahnya.

Hingga saat ini lanjut Sudaryanto, beberapa wilayah yang terkena musibah banjir di Jateng sudah mulai surut. Di Brebes dan Grobogan misalnya, banjir yang melanda beberapa waktu lalu sudah mulai surut dan warga mulai kembali beraktifitas.

Meski begitu, pihaknya meminta masyarakat tetap waspada. Prakiraan cuaca BMKG menyebutkan, cuaca ekstrem masih akan melanda beberapa wilayah Jateng.

“Sesuai prakiraan cuaca BMKG, hari ini hujan deras akan mengguyur bagian tengah Jateng, diantaranya di Banyumas, Temanggung dan sekitarnya. Kita berdoa semoga tidak terjadi bencana,” pintanya.

Ia meminta masyarakat untuk mematuhi peringatan dari relawan. Saat terjadi bencana, segera menyelamatkan diri dan membawa surat-surat berharga seperti ijazah, sertifikat dan barang lain yang bisa dibawa ke tempat aman. Apabila terpaksa harus mengungsi, masyarakat dihimbau tidak menolak.

Disinggung soal stok logistik kebencanaan, Sudaryanto menegaskan bahwa semuanya aman terkendali. Sebagian logistik bahkan sudah disebarkan ke masing-masing kabupaten/kota di Jateng, sehingga apabila terjadi bencana, bisa langsung digunakan.

“Stok logistik beres, kalau kurang tinggal minta lagi. Peralatan dan personel juga semuanya siap,” pungkasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda