PeristiwaTanggap Bencana, PLN Terjunkan Personil Amankan Listrik Lokasi Gempa...

Tanggap Bencana, PLN Terjunkan Personil Amankan Listrik Lokasi Gempa Banjarnegara

-

- Advertisment -spot_img
PASCA gempa pada Rabu (18/4), PLN langsung menerjunkan sejumlah personil ke lapangan, untuk menyisir kerusakan jaringan.

BANJARNEGARA- PLN Area Purwokerto melakukan respon cepat dalam mengamankan jaringan listrik pasca terjadinya gempa berkekuatan 4,4 Skala Richter (SR) yang mengguncang sejumlah wilayah di Kabupaten Banjarnegara, pada Rabu (18/4), pukul 13.28 WIB kemarin.

Manajer PLN Area Purwokerto, Armunanto yang hadir di lokasi bencana menjelaskan, di hari yang sama pasca gempa pada Rabu (18/4), PLN langsung menerjunkan sejumlah personil ke lapangan, untuk menyisir kerusakan jaringan.

“Dari tinjauan tim kami, di Desa Kertosari ditemukan 1 tiang miring dan kabel tegangan rendah di dua titik lepas, sehingga menyebabkan 65 pelanggan mengalami pemadaman aliran listrik. Kami langsung terjun ke lokasi untuk bersiaga dan memperbaiki jaringan,” kata Armunanto, Kamis (19/4).

Ditambahkan, pada H+1 pasca gempa, PLN juga telah menyiagakan total 26 personil, yang terdiri dari tim teknik rayon, tim posko jaga Kalibening, tim pelayanan teknik, dan tim pemeliharaan 24 jam. Tim tersebut memfokuskan pekerjaan untuk pengamanan sambungan rumah, dan pemulihan jaringan yang masih padam.

“Sampai dengan saat ini, PLN telah berhasil mengamankan seluruh kWh meter dan kabel sambungan rumah pada bangunan yang roboh, di semua desa terdampak bencana,” imbuhnya.

Meskipun dari segi kerusakan aset tidak terlalu parah, lanjutnya, pemulihan aliran listrik sempat terkendala akibat keadaan tanah yang masih labil. Namun, secara keseluruhan tidak ada kerusakan yang signifikan pada jaringan tegangan rendah.

“Kendalanya pada saat penyalaan yang sempat terganggu akibat kondisi tanah yang masih belum stabil. Tapi semua sudah bisa diatasi, dan pada Kamis (19/4) pukul 13.30 WIB, secara keseluruhan listrik telah berhasil dipulihkan,” terangnya.

Ditegaskan, PLN Area Purwokerto kini masih tetap siaga selama 24 jam mengamankan jaringan.

Seperti diketahui, gempa yang melanda Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya pada Rabu (18/4) siang telah memporak porandakan sejumlah desa. Gempa berkekuatan 4,4 SR ini berpusat di sebelah utara Kebumen, dengan kedalaman 4 kilometer.

Tercatat, beberapa desa yang terdampak gempa paling parah adalah Desa Kertosari dengan jumlah kerusakan 62 rumah, Desa Kasinoman dengan jumlah kerusakan 217 rumah, dan Desa Plorengan dengan kerusakan 37 rumah. Sedangkan total korban berjumlah 32 orang, terdiri dari dua korban meninggal dunia dan 30 orang luka ringan/berat. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Tingkat Hunian Kembali Membaik, Hotel Santika Pekalongan Tak Kendurkan Prokes

PEKALONGAN - Pada momen lebaran tahun ini tingkat hunian hotel kembali menggeliat. Momen libur lebaran yang panjang serta dilonggarkan...

CRF1100L Africa Twin Adventure Sports Tampil Makin Gaya

ZONAPASAR.COM, SEMARANG - PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan model terbaru dari CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan beragam...

CB150X Chapter Jateng Resmi Terbentuk

ZONAPASAR.COM, KARANGANYAR – Kian menjadi sorotan sebagai motor sport adventure idaman bagi anak muda sejak dilaunching secara Regional Jawa...

PGN Percepat Transformasi Bisnis Berbasis Digital dan Marketing 3.0, Dukung Pencapaian Target 1 Juta Jargas

JAKARTA – Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, terus mengupayakan percepatan transformasi bisnis dan berbasis digital khususnya selama pandemi...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Sabet 4 Penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2022

JAKARTA - PT PLN (Persero) berhasil menyabet 4 penghargaan pada BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2022. Pada ajang ini, PLN dinobatkan...

MAKUKU Perkenalkan Varian Baru

ZONAPASAR.COM, JAKARTA – MAKUKU, pelopor popok anti gumpal, meluncurkan varian terbaru MAKUKU Air Diapers Comfort yaitu popok terjangkau dan...

Must read

Hadirkan Konten Video Premium untuk Pelanggan, Smartfren Tandatangani Kerja Sama Ekslusif dengan Vision+

JAKARTA – Smartfren menjadi operator pertama di Indonesia yang...

Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia Lakukan Tes IVA Kepada 500 Karyawan Perempuan Sido Muncul

  ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker leher...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda