Tawang Jaya Premium Reguler Resmi Beroperasi

 

KERETA- Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Satriyo Hidayat (tengah), melakukan prosesi pecah kendi sebagai simbol diresmikannya Kereta Api Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang-Pasar Senen menjadi perjalanan reguler pada hari ini, Jumat (6/4). FOTO: M.Nurrozikan

SEMARANG- PT KAI Daop 4 Semarang meresmikan pengoperasian Kereta Api Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang-Pasar Senen menjadi perjalanan reguler pada hari ini, Jumat (6/4).

Penambahan kereta tersebut dilakukan guna memenuhi permintaan masyarakat yang melonjak akan transportasi kereta api di wilayah Daop 4 Semarang, terutama pada relasi Semarang-Jakarta yang mengalami pertumbuhan sebesar 7 persen pada tahun lalu.

EVP PT KAI Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengatakan, dengan kehadiran kereta tersebut, diharapkan bisa menjadi alternatif pilihan perjalanan bagi masyarakat Semarang menuju Jakarta, serta dapat mempermudah masyarakat Semarang dalam mobilitasnya.

“Ini merupakan kereta baru buatan PT INKA. Dan semoga ini bisa menjadi alternatif pilihan perjalanan masyarakat, serta semoga lancar,” kata Wiwik.

Wiwik menjelaskan, kereta api tersebut menggunakan kereta ekonomi premium yang berkapasitas 80 tempat duduk pada tiap gerbong, dengan stand formasi 1 rangkaian kereta api membawa 9 gerbong. Kemudian 1 gerbong kereta makan dan 1 gerbong kereta pembangkit listrik, sehingga daya kapasitas KA Tawang Jaya Premium Reguler itu mampu mengangkut sebanyak 720 penumpang setiap perjalanannya.

Ia menambahkan, fasilitas KA tersebut sangat nyaman karena memiliki tempat duduk dengan bangku yang lebih empuk dan luas dibandingkan dengan kelas ekonomi biasa, serta terdapat AC, interior kereta yang ekslusif, charger HP, toilet ramah lingkungan, TV, dan CCTV.

“Kereta ini sangat nyaman dengan fasilitas dan interior yang mewah. Serta pada bagian luar dibuat dari stenles yang anti karat sehingga awet,”

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Satriyo Hidayat mengungkapkan, dengan penambahan kereta tersebut, Pemerintah Jawa Tengah sangat menyambut baik, serta bisa saling bersinergi dengan upaya pemerintah dalam menjaga roda perkonmonin.

Satriyo pun berharap, kereta tersebut bisa dijaga kebersihan, kualitas, dan kenyamanan. Sehingga dapat merebut hati para penumpang.

“Dijaga kebersihan, kualitas dan kenyamanan, sehingga dapat merebut hati para penumpang. Dan selamat atas diresmikannya kereta Tawang Jaya ini,” ujarnya.

EVP PT KAI Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Satriyo Hidayat, tengah membagikan voucher menarik kepada penumpang Kereta Api Tawang Jaya Reguler, relasi Semarang Tawang-Pasar Senen, Jumat (6/4)

Adapun jadwal KA Tawang Jaya Premium Tambahan relasi Semarang Jakarta (Nomor perjalanan KA Plb 7069) berangkat dari Stasiun Semarang Tawang jam 20:20 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen jam 03:05 WIB. Sedangkan dari arah Jakarta ke Semarang (Nomor Perjalanan KA Plb 7070), berangkat dari Stasiun Pasar Senen jam 06:55 wib dan tiba di Stasiun Semarang Tawang jam 13:35 wib.

Sementara itu, data PT KAI Daop 4 Semarang menunjukan jumlah penumpang kereta api di wilayah ini menunjukan trend positif, tercatat pada tahun 2017, jumlah penumpang yang naik mencapai 5.808.033 orang, atau meningkat sebesar 15 persen dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 5.395.516 orang.

Sedangkan untuk data penumpang berdasarkan relasi dari wilayah Daop 4 Semarang menuju Jakarta, terjadi kenaikan sebesar 7 persen. Dimana pada tahun 2017 berjumlah total 1.638.312 penumpang, sedangkan di tahun 2016 berjumlah 1.529.708 penumpang. Dan pada periode Januari hingga Maret 2018, jumlah penumpang relasi dari wilayah Daop 4 Semarang ke Jakarta berjumlah 403.914 penumpang.

Hadir dalam acara tersebut EVP PT KAI Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti beserta jajaran, tamu undangan dari unsur Pemerintah Propinsi Jateng, jajaran Balai Pengembangan Teknik Perkeretaapian wilayah Jawa Tengah dan anggota Komunitas Pecinta Kereta Api KRDE. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here