Teknik Elektro Udinus Siap Terapkan Capstone Design Bersama ITB

Pogram Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Udinus siap menerapkan Capstone Design bersama Teknik Elektro ITB untuk meningkatakan kualitas pengajaran terhadap mahasiswa, Jumat (27/9/19).
Pogram Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Udinus siap menerapkan Capstone Design bersama Teknik Elektro ITB untuk meningkatakan kualitas pengajaran terhadap mahasiswa, Jumat (27/9/19).

SEMARANG – Meningkatkan kualitas pengajaran terhadap mahasiswa, Pogram Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) mengandeng program studi Teknik Elektro Institut Tinggi Bogor (ITB) untuk membahas Capstone Design, pada Jumat (27/9/19).

Hal tersebut nantinya dicanangkan menjadi proyek akhir mahasiswa agar lulus tepat waktu dengan kualitas maksimal.

Capstone design sendiri merupakan muara hasil akhir mahasiswa saat kuliah, dimana mahasiswa harus bisa menyelesaikan suatu masalah dari design awal hingga implementasi dalam sebuah pameran tugas akhir.

Dalam mengerjakannya, mahasiswa dituntut untuk bekerja Bersama tim, yang secara softskill dapat mengasah jiwa kepemimpinan.

Capstone Design ini tentunya dibutuhkan sistem pengajaran yang berkualitas dan efektif dari tim dosen, agar mahasiswa tidak hanya lulus tepat waktu, tapi juga langsung dapat dilirik langsung oleh perusahaan.

Ketua Program Studi Teknik Elektro Udinus Dr. M Ary Heryanto, M.Eng menuturkan bahwa, prodinya menggandeng ITB yang diwakili Arif Sasongko, ST, M.Sc, Ph.D. sebagai Ketua Progdi Teknik Elektro untuk dapat menyamakan persepsi mengenai Capstone Design.

“Biasanya satu judul tugas akhir dikerjakan satu orang. Dengan capstone design, mahasiswa dapat mengerjakan tugas akhir dalam kelompok dengan pantauan dosen pembimbing,” ujar Ary.

Pembahasan kurikulum tugas akhir Capstone Design ini diselenggarakan di ruang rapat Program Studi Teknik Elektro Gedung B lantai satu Udinus, yang dihadiri oleh dosen-dosen terkait.

Arif juga membagikan keberhasilan Capstone Design yang sudah diterapkan 9 tahun di ITB. Ia berharap, kedepannya Teknik Elektro Udius dapat mengadopsinya dengan maksimal kurikulum Capstone Design ini Bersama Teknik Elektro ITB.

“Tentu tidak bisa sama persis penerapannya seperti yang ada di ITB, namun hal yang paling penting adalah menyamakan presepsi Capstone design itu sendiri. Melalui kurikulum ini, hasil rancangannyapun akan lebih baik,” jelas Arif. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here