UmumPendidikanTingkatkan Potensi Wisata Karimunjawa, Mahasiswa UIN Walisongo Bersih-bersih Pantai

Tingkatkan Potensi Wisata Karimunjawa, Mahasiswa UIN Walisongo Bersih-bersih Pantai

-

- Advertisment -spot_img

Mahasiswa KKN UIN Walisongo melakukan kegiatan bersih-bersih pantai di Pelabuhan Lagon Bajak, Kelurahan Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, pada Jumat (31/1/20).

JEPARA – Mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) menggelar aksi bersih pantai di Pelabuhan Lagon Bajak, Kelurahan Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, pada Jumat (31/1/20).

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00-11.00 tersebut di inisiasi oleh posko 76 KKN MIT UIN Walisongo. Melalui program “Jumat Bersih” mahasiswa bekerjasama dengan pemuda, warga, dan salah satu petugas pelabuhan bergotong royong membersihkan pantai.

Program bersih pantai menjadi salah satu kegiatan KKN, sebagai wujud kesadaran akan pentingnya menjaga laut dari sampah untuk menyelamatkan ekosistem laut dan pesisir. Juga guna menjaga keindahan pantai sebagai objek wisata.

Sebagian besar sampah merupakan plastik yang sulit terurai, ada juga sampah dedaunan dan batang pohon. Sampah-sampah ini biasanya terbawa oleh ombak sehingga sampai di bibir pantai. Dari kegiatan tersebut terkumpul kurang lebih 30 kantong trashbag sampah.

Koordinator Desa (Kordes), Ainun Najih, berharap dengan adanya kegiatan bersih pantai, warga mampu meningkatkan semangat kebersamaan dengan gotong royong dan mampu menjaga ekosistem pantai, sehingga mampu menarik wisatawan agar lebih betah ketika berkunjung ke pantai.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini (bersih pantai) bisa meningkatkan semangat gotong royong warga dalam menjaga ekosistem pantai dan wisatawan pun akan lebih betah ketika berkunjung,” ungkapnya.

Didi, salah seorang warga yang mengikuti kegiatan bersih pantai, mengaku senang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sebab dia bisa lebih dekat menjalin komunikasi dengan masiswa KKN.

“Senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih pantai, juga bisa lebih mengakrabkan antara mahasiswa dengan warga,” ucapnya.

Sementara petugas pelabuhan Legon Bajak, Kelurahan Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Fahrul mengapresiasi terhadap kegiatan kelompok KKN MIT UIN Walisongo posko 76.

Sedangkan koordinator program Jumat Bersih Jajang Muhariyansah, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang sudah mensuport kegiatan bersih pantai pada Jumat Bersih minggu ini. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Stimulus Kelistrikan, Upaya Pemerintah Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia cukup banyak mengeluarkan program bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda