Walikota Semarang Senang Unwahas dan PWI Jateng Peduli Pengurusan Sertifikasi Halal UMKM

0
Walikota Semarang Mbak Ita bersama Ketua PWI Jateng Amir Machmud dan Rektor Unwahas Prof Mudzakir Ali ditengah dialog tentang sertifikasi dan daya saing pelaku UMKM. (foto:ist)
SEMARANG, ZONAPASAR.COM – Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan terimakasih atas kepedulian Unwahas dan PWI Jateng dalam mendorong pelaku UMKM mengurus sertifikasi halal.
Hal itu disampaikan Mbak Ita, sapaan akrab Walikota Semarang dalam kuliah umum bertemakan akselerasi sertifikasi halal untuk meningkatkan daya siang bagi pelaku UMKM yang digelar dalam rangka HPN 2023 kerjasama PWI Jateng dengan Unwahas Semarang.
‘’Kami kira ini upaya yang bagus. Ini artinya, Pemkot Semarang bisa berkolaborasi dengan perguruan tinggi dan media untuk memacu pengembangan UMKM. Kebetulan di Semarang ada banyak klaster-klaster usaha sesuai potensi wilayah masing-masing. Kami tak mungkin bergerak sendiri, diperlukan konsep gerakan bersama dengan perguruan tinggi dan media yang turut mempromosikan,’’ kata Mbak Ita, sapaan akrab walikota.
Mbak Ita sendiri mengakui, di Kota Semarang banyak kearifan lokal yang memicu menjamurnya usaha-usaha yang butuh support.  Apalagi ada segudang event wisata  yang bisa dimanfaatkan entrepreneur muda dari kampus sebagai ladang usaha.
Ia mencontohkan Festival Kota Lama, Festival Bunga, Semarang Night Carnival. Semarang saat ini juga menjadi Jaringan Kota Pusaka yang anggotanya ada 85 kota di Indonesia yang punya kawasan heritage.
Dalam kesempatan ini Rektor Unwahas Prof KH Mudzakir Ali menyampaikan bahwa makanan halal  menjadi kebutuhan seluruh umat manusia bukan hanya yang muslim. Maka kuliah umum ini menjadi tanggung jawab kemanusiaan kampusnya dalam produk halal. Dia juga terima kasih kepada PWI Jateng atas kepercayaan dan dukungannya dalam menggelar diskusi ini.
Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menuturkan, kemitraan dengan Unwahas mengandung  satu visi bahwa PWI ingin membangun performa sebagai bagian dari kaum intelektual dan kaum akademisi.
‘’Agak berbeda dengan dari kegiatan HPN pada tahun sebelumnya, kegiatan tahun ini mengusung tema ‘Goes to Campus’. Kami menekan pentingnya aplikasi bukan sekadar tataran MoU ataupun konsep-konsep seperti rekomendasi seminar. Tapi ingin memberikan kontribusi atau kolaborasi yang nyata misalnya yang kami gagas bersama Unwahas adalah sertifikasi halal UMKM.  Apalagi Bu Ita sudah mengajak untuk bergerak bersama, dan kami siap menyambut ajakan itu,’’ tandasnya. (***)
Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan