Waspada Stroke, Kenali Gejalanya Berikut Ini

Dokter spesialis saraf Rumah Sakit Siloam Semarang, dr. Elta Diah Pasmanasari, Sp.S, MSi. Med saat memberi paparan bahaya penyakit stroke di Hotel Patra Semarang, Jumat (18/1).

SEMARANG- Penyakit stroke sudah menjadi momok bagi kebanyakan orang. Penyakit ini pun bisa menyerang siapa saja, baik dalam usia muda maupun tua.

Seperti yang dialami penyanyi asal Inggris, Jessica Ellen Cornish atau biasa dikenal Jessie J yang terkena penyakit stroke pada usia 18 tahun.

Dokter spesialis saraf Rumah Sakit Siloam Semarang, dr. Elta Diah Pasmanasari, Sp.S, MSi. Med mengatakan, di Indonesia sendiri angka penderita penyakit stroke ini cukup tinggi. Disebutnya, 8 dari 1.000 orang penduduk Indonesia sudah terkena penyakit ini.

Meski demikian, kata dia 80% penyakit kritis ini bisa dicegah sedini mungkin, tinggal apakah mau memperhatikannya atau tidak.

“Cara mengenali penyakit ini bisa dilihat dari yang sebelumnya ada menjadi tidak ada atau sebaliknya, misalnya awalnya bisa berbicara mudah menjadi susah. Dan yang awalnya tidak ada menjadi ada seperti tangan sering terasa kesemutan,” katanya, Jumat (18/1).

Namun demikian, meski ada gejala tersebut, penyakit ini tetap bisa menyerang secara tiba-tiba sehingga harus hati-hati.

Untuk itulah lanjutnya, penting mengenali gejalanya karena bukan hanya terlihat dari lumpuh anggota gerak semata. “Periksalah secara rutin bila sudah ada faktor resiko stroke dan brain check up,” ucapnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here