Ekonomi BisnisXL Siap Dukung Gelaran World Superbike di Mandalika

XL Siap Dukung Gelaran World Superbike di Mandalika

*Jaringan 4G Hadir di 54 Kecamatan Seluruh Lombok

-

- Advertisment -spot_img


MANDALIKA- Teknisi jaringan XL Axiata bekerja di atas menara BTS di dekat Sirkuit Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (7/11/2021). Foto : ist/zonapasar.com

MATARAM- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G di Lombok dalam kondisi prima dan siap menyambut pergelaran World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, 19 – 21 November 2021. Sedikitnya ada 9 BTS 4G yang telah disiapkan untuk meng-cover seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area wisata di sekelilingnya, yang di dalamnya terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran, dan berbagai penunjang pariwisata lainnya. XL Axiata juga menyiagakan satu unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, Sirkuit Mandalika dan dua event balap dunia ini telah lama ditunggu oleh publik Indonesia. Pemerintah pun memberikan perhatian yang sangat besar. Hajatan ini sekaligus juga dijadikan momentum untuk pemulihan dunia wisata di Lombok dan Indonesia.

“Sudah selayaknya, XL Axiata sebagai operator dengan jumlah pelanggan terbesar di Lombok juga memberikan dukungan penuh, dengan menyediakan jaringan 4G secara memadai. Sebagai bagian dari masyarakat Lombok, kami juga ikut bergembira dengan hadirnya ajang dunia di sirkuit yang juga spektakuler ini,” katanya.

Gede menambahkan, potensi lonjakan trafik di area Mandalika sangat mungkin bisa terjadi saat kedua event balap dunia, WSBK dan MotoGP, berlangsung. Meskipun mungkin penonton di dalam sirkuit masih dibatasi, namun kemungkinan besar masyarakat lokal maupun dari luar Lombok akan tetap berdatangan ke Mandalika.

Event besar ini juga akan bisa menarik wisatawan asing untuk datang. Apalagi, sebagai destinasi wisata super prioritas, Mandalika juga memiliki sejumlah area wisata yang juga menarik, yang juga menjadi daya tarik pelancong. Semakin banyak orang datang ke area tersebut, kebutuhan atas jaringan data yang berkualitas juga dipastikan akan meningkat.

Peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Mandalika. XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Lombok, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau.

Saat ini, di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok kini telah terlayani oleh layanan 4G XL Axiata. Total ada lebih dari 4 ribu BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.

Khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata akan menerapkan teknologi terbaru yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data.

“Keberadaan jaringan 4G di Mandalika dan seluruh desa/kelurahan di Lombok ini juga merupakan implementasi atas komitmen XL Axiata untuk turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok pedesaan. Tersedianya jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang juga terus meningkat akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital,” lanjut Gede.

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Kini sebagian besar BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat. Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga saat ini sekitar 575 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya. Selama setahun terakhir di dalam bayang-bayang pandemi, trafik data XL Axiata di Lombok tetap mengalami peningkatan sekitar 39%, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok.

Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata telah menyiapkan 5 BTS 4G di Sembalun, 1 BTS di kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 7 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade,11 BTS 4G di Sengigi, dan 3 BTS 4G di Narmada. Sementara itu untuk menopang kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 146 BTS, sedangkan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid sudah beroperasi 3 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar 2 BTS 4G.

Semua 19 desa wisata yang popular sebagai tujuan pelancong juga sudah terlayani oleh jaringan 4G XL Axiata, termasuk Desa Selong Belanak, Desa Kopang Rembiga, Desa Bilibante, Desa Aik Dareq, Desa Kembang Kuning, Desa Sembalun, dan Desa Pringgasela. Lalu Desa Seruni Mumbul, Desa Sembalun Bumbung, Desa Paremas, Desa Sugian, Desa Mamben Baru, Desa Senaru, Desa Malaka, Desa Jenggala, Desa Pemenang Barat, Desa Sesaot, Desa Sekotong Tengah dan Desa Sedau. Dengan kapasitas dan infrastruktur yang tersedia, XL Axiata optimis akan bisa memberikan layanan telekomunikasi dan data secara maksimal di area-area wisata tersebut.

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.(zav)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Penerimaan Pajak Jateng I Capai Rp 24 Triliun hingga November 2021

SEMARANG - Kinerja penerimaan Pajak Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I hingga tanggal 30 November 2021 tercatat adanya pertumbuhan...

Erick Thohir Tunjuk Darmawan Prasodjo Jadi Direktur Utama PLN

JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021 memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama...

Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Sarfas Pertamina

SEMARANG - Guna memastikan seluruh kegiatan operasi dan layanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar di tengah kondisi pandemi, Komisaris...

PLN Berikan Gerobak Motor Listrik Kepada UKM, Tingkatkan Produktivitas

SEMARANG – PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah...
- Advertisement -spot_imgspot_img

SWI Minta Masyarakat Waspadai Penawaran Aset Kripto

JAKARTA - Satgas Waspada Investasi (SWI) meminta masyarakat untuk mewaspadai penawaran investasi aset kripto yang saat ini marak agar...

PGN Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi Jawa Tengah

JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan penyediaan gas bumi untuk Jawa Tengah, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina menandatangani...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda