UmumYeni Endah, Difabel Semarang Juara Lomba Menulis Nasional

Yeni Endah, Difabel Semarang Juara Lomba Menulis Nasional

-

- Advertisment -spot_img

Yeni Endah berhasil menjuarai lomba menulis tentang Pilpres 2019 yang diselenggarakan salah satu lembaga tingkat nasional bertajuk Blogger Cerdas Menulis.

SEMARANG – Senyum ramah Yeni Endah menyambut kedatangan kami di rumah sederhana yang terletak di Jalam Jati Selatan VI Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, Jumat (8/3/19).

Sambil duduk di kursi roda, perempuan berusia 32 tahun tersebut yang divonis mengidap penyakit penurunan fungsi otot, jaringan saraf dan sumsum tulang belakang atau Friedreich’s Ataxia itu terlihat sangat ceria meski memiliki keterbatasan.

Keterbatasan yang dimiliki sejak kecil tersebut tidak menghalanginya untuk berkarya. Terbukti, ia mampu menjuarai lomba menulis tentang Pilpres 2019 yang diselenggarakan salah satu lembaga tingkat nasional bertajuk Blogger Cerdas Menulis, Rakyat Cerdas Memilih itu.

“Alhamdulillah, saya mendapat juara satu kategori tema penulisan tentang difabel. Pengumumannya baru tanggal 7 kemarin,” kata Yeni mengawali obrolan, sebagaimana dalam keterangan tertulis.

Capaian tersebut membuat putri ketiga pasangan Fadholi dan Sri Rochmiyatun ini semakin semangat untuk berkarya. Apalagi, selain dari keluarga, teman dan saudara, Yeni mendapat suntikan semangat dari orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Semangat itu diberikan Ganjar saat dirinya mengikuti acara di gedung Gradhika Bhakti Praja, belum lama ini. Saat itu, ia diberi hadiah laptop oleh Ganjar.

“Ini laptop pemberian pak Ganjar. Dari laptop inilah saya menulis dan tulisan saya menjadi pemenang dalam ajang itu. Senang sekali rasanya mendapat perhatian dari pak Gubernur, dan laptop ini sangat membantu saya untuk berkreasi,” tambahnya.

Sebelum mendapat laptop dari Ganjar, Yeni mengaku menulis dengan laptop pinjaman. Kegiatannya itu sempat terhenti karena laptop pinjamanannya itu mengalami kerusakan.

“Setelah dapat laptop dari pak Ganjar, saya seperti hidup lagi. Saya terus semangat menulis dan mengikuti sejumlah lomba-lomba,” terang perempuan kelahiran Semarang, 10 Januari 1987 itu tersenyum.

Meski mengalami keterbatasan, namun Yeni merupakan penulis yang sangat produktif. Tercatat dirinya sudah memiliki 14 antologi dan beberapa tulisannya dimuat di media massa.

Ia juga pernah menjuarai beberapa ajang lomba menulis. Seperti ajang Lomba Menulis Indonesia Rare Disorders dan lomba menulis Good News From Indonesia di tahun 2018 lalu.

Selain itu, perempuan yang aktif di Komunitas Sahabat Difabel Semarang (KSD) ini juga aktif menulis di blog pribadinya.

“Saat ini saya sedang ngebut menyelesaikan buku solo saya. Nanti kalau sudah selesai, orang pertama yang saya kasih adalah pak Ganjar sebagai rasa terimakasih saya kepada beliau,” tambahnya sambil tersenyum.

Ia pun berharap dukungan pemerintah terhadap penyandang disabilitas terus ditingkatkan. Menurutnya, teman-teman difabel memiliki potensi luar biasa jika diberi kesempatan.

“Saya juga mengajak teman-teman difabel untuk terus berkarya demi masa depan yang lebih baik,” tutupnya.

Dalam beberapa kesempatan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memang konsen terhadap penyandang disabilitas. Setiap menggelar Musrenbang, pria berambut putih tersebut memang selalu melibatkan penyandang disabilitas untuk didengarkan masukannya.

Ia juga selalu mengapresiasi dan memberikan bantuan kepada para penyandang disabilitas. Di beberapa kesempatan, Ganjar bahkan ikut memasarkan produk-produk unggulan karya sahabat difabel.

Terbaru, Ganjar memberikan bantuan berupa mesin jahit kepada Roemah D di Semarang. Bantuan itu diberikan Ganjar melalui Baznas untuk membantu para penyandang disabilitas lebih produktif menghasilkan karya yang saat ini semakin banyak dipesan masyarakat.

“Mereka ini (para penyandang disabilitas) tidak butuh dikasihani, namun mereka butuh karyanya diapresiasi dan dihargai. Kami yakin, bahwa dengan kemampuan yang mereka miliki, mereka mampu menghasilkan karya terbaik karena sebenarnya potensi mereka sangat besar,” kata Ganjar. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Kinerja XL Axiata Kembali Tumbuh di Kuartal Ke-2 2021

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali berhasil meraih pertumbuhan kinerja di sepanjang kuartal kedua 2021. Prestasi...

BEI Ajak Investor Pasar Modal Berinvestasi Sekaligus Menolong Sesama

JAKARTA – Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT  Bursa  Efek  Indonesia (BEI),  PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI)...

Kesadaran Masyarakat Gunakan BBM Ramah Lingkungan Makin Tinggi

SEMARANG- Kesadaran masyarakat dalam menggunakan BBM ramah lingkungan semakin besar. Kondisi tersebut terlihat dari volume konsumsi Pertamax di Jawa...

PGN Salurkan Oksigen 50 Tabung Untuk Rumah Sakit Di Probolinggo

Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) kembali menyalurkan bantuan oksigen medis untuk penanggulangan COVID-19 melalui Program Pertamina...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Buka Rekening Tabungan Permata Bisa Lewat Aplikasi Moxa

JAKARTA- Setelah diluncurkan di Maret 2021, Moxa sebagai aplikasi penyedia produk keuangan digital milik dari Astra Financial bersama PermataBank...

SIG Bukukan Kenaikan Laba 29,7%

JAKARTA- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) pada semester 1 tahun 2021 berhasil membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda