6 Kebiasaan Yang Dilakukan Mahasiswa di Akhir Pekan

Ilustrasi/inet

AKHIR pekan menjadi waktu yang ditunggu – tunggu, tidak terkecuali bagi mahasiswa. Banyak yang memanfaatkan libur di sabtu – minggu itu untuk beragam hal, mulai dengan tidur, nonton film dan lainnya. Namun tahukah kamu jika sebenarnya ada kebiasaan yang selalu dilakukan mahasiswa ketika akhir pekan?

Berikut ini adalah 6 hal yang biasanya dilakukan mahasiswa ketika akhir pekan tiba :

1. Malas-malasan di Kamar

Setelah jenuh beraktivitas dengan tugas kuliah di hari Senin hingga Jumat. Sabtu dan Minggu jadi waktu yang cocok untuk bermalas-malasan. Selama dua hari penuh, mahasiswa bisa saja hanya berdiam diri di kamar kosnya ditemani oleh smartphone dan laptopnya. Sehingga tidak jarang mereka hanya ke luar untuk membeli makan dan kembali lagi ke kamar kos.

2. Olahraga

Setelah hari Senin sampai Jumat menjadi waktu untuk mengasah otak melalui materi perkuliahan di kampus, weekend menjadi momentum untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Sejak pagi buta, sebagian mahasiswa telah mengawali harinya dengan berlari-lari kecil mengitari kampus sebagai pemanasan. Aktivitas dilanjutkan dengan olahraga yang lebih berat seperti futsal, voli, maupun bersepeda ria. Dengan demikian tubuh menjadi lebih segar dan siap menghadapi bapak dan ibu dosen selama lima hari ke depan.

3. Jalan-jalan

Jalan-jalan menjadi aktivitas favorit yang banyak dilakukan mahasiswa ketika hari Minggu tiba. Entah mengapa timbul hasrat yang besar untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitar kampus. Tujuannya, selain untuk menyegarkan kembali pikiran dari tugas kuliah yang menumpuk, juga sebagai ajang untuk menambah koleksi foto untuk dibagikan di Instagram. Bahkan ada mahasiswa yang telah memiliki jadwal kunjungan ke tempat wisata hingga beberapa minggu ke depan yang menunggu untuk dijelajahi di setiap Minggunya.

4. Bernostalgia

Akhir pekan juga dimanfaatkan oleh sebagian mahasiswa untuk bernostalgia dengan masa kecilnya: menonton serial kartun tahun 90-an yang tidak lagi tayang di televisi. Meskipun mereka telah beberapa kali menamatkan serial kartun tersebut, namun tidak ada rasa bosan untuk menontonnya kembali. Dalam waktu satu hari, mereka bisa saja menamatkan satu bahkan dua season kartun yang mereka sukai.

5. Bekerja Paruh Waktu

Bagi tipe mahasiswa pekerja keras, Sabtu – Minggu justru dimanfaatkan sebagai momentum untuk bekerja paruh waktu. Berbagai macam pekerjaan pun dilakoni, mulai dari bekerja di tempat cathering, berjualan bubur, bekerja di swalayan, menjadi wartawan lepas, atau pekerjaan lainnya. “Kerja apa saja yang penting bisa buat makan selama seminggu dan bisa meringankan beban orangtua,” begitu alasannya. Angkat jempol yang tinggi buat mahasiswa semacam ini!

6.  Biar Hari Minggu, Tetap Ngampus

Aktivitas ini biasa dilakukan oleh para aktivis kampus. Tidak ada hari libur baginya, mulai hari Senin sampai Minggu tetap datang ke kampus. Seabrek agenda organisasi menunggu untuk segera diselesaikan. Meskipun melelahkan dan tanpa bayaran, aktivitas ini harus tetap dijalankan demi komitmen yang sudah diucapkan di awal kepengurusan. Hanya satu yang mereka percaya, segala pengabdian dan rasa lelah hari ini akan terbayarkan suatu saat nanti.

Itulah aktivitas yang biasa dilakukan mahasiswa di akhir pekan. Aktivitas apakah yang akan kamu lakukan di weekend ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here