Ekonomi BisnisAplikasi Home Terminal, Inovasi Pelindo III Percepat Layanan Kepelabuhanan

Aplikasi Home Terminal, Inovasi Pelindo III Percepat Layanan Kepelabuhanan

-

- Advertisment -spot_img

Commercial and Operational Director, Pelindo III, Mohammad Iqbal, tengah memaparkan layanan yang ada aplikasi Home Terminal, dalam kegiatan Kick of Launching Home Terminal di kantor Pelindo III, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (30/5).

SEMARANG- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada sektor kepelabuhan yakni Pelindo III, melakukan inovasi untuk mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan dengan meluncurkan aplikasi mobile, Home Terminal.

Commercial and Operational Director, Pelindo III, Mohammad Iqbal mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi tersebut pengguna jasa dapat memesan berbagai jasa kepelabuhanan cukup melalui aplikasi smartphone.

“Lewat aplikasi ini semuanya serba digital, para pengguna tidak perlu lagi datang ke pelabuhan hanya untuk melakukan pembayaran. Di sini untuk pengiriman barang bisa booking, ada menu melihat rute kemana barang akan dikirim, misalnya dari Semarang ke Solo, di situ nanti otomatis akan muncul biaya, dan berapa lama waktu tempuh truknya,” kata Mohammad Iqbal, dalam acara Kick of Launching Implementasi Home Terminal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (30/5).

Dijelaskan, dengan sistem aplikasi yang transparan tersebut tentunnya akan menghemat biaya yang harus dikeluarkan, sekaligus bisa menghindari biaya-biaya tambahan yang tidak resmi di pelabuhan.

“Ini bisa menghemat cost logistik dan lebih transparan. Sehingga biayanya akan turun, tidak ada biaya ekstra di pelabuhan untuk ini dan itu. Semuanya resmi tertulis, dengan demikian akan lebih evisien,” sambungnya.

Ditambahkan, ada empat fitur layanan pada aplikasi Home Terminal. Keempatnya yaitu vessel service, port activities, logistic dan container management. Keempat fitur tersebut memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara real-time.

Lebih lanjut kata dia, untuk tahap awal, Home Terminal hanya dapat digunakan untuk menyediakan pelayanan kapal atau vessel service. Yakni meliputi pemanduan, penundaan, penyandaran kapal, pengisian bahan bakar, pengisian air bersih, jasa tambat, port clearance, penampungan limbah, daya kelistrikan dan crew transfer.

Ceo Regional Jawa Tengah, Andhi Basuki menambahkan, aplikasi Home Terminal tersebut bukan untuk Pelindo namun bagi semua kalangan untuk memajukan pelabuhan di Indonesia.

“Lewat aplikasi ini kita tekan biaya dari cost itu sendiri, ini upaya riil untuk menekan cosh logistik, birokrasi dan biaya yang tak perlu. Semoga semuanya bisa bergabung di aplikasi untuk menjadikan pelabuhan Indonesia lebih baik,” tambahnya.

Sementara, pada kesempatan tersebut dilakukan pula live demo dengan menunjukkan langsung penggunaan fitur aplikasi untuk memperoleh layanan. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan dari 8 perusahaan yang berkomitmen untuk menggunakan aplikasi Home Terminal tersebut. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Kominfo Bersama Smartfren Gelar Uji Coba Teknologi 5G Tahap Kedua

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Smartfren menggelar pengujian 5G tahap kedua. Uji coba teknologi...

Asrama BPSDMD Jateng Dibuka Penuh Untuk Isolasi Terpusat

SEMARANG – Komplek Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah kembali dioptimalkan untuk dijadikan tempat isolasi...

Jateng Valley Mulai Dikerjakan

UNGARAN  – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pengembang Jateng Valley mengelola pembangunan yang berorientasi lingkungan. Selain itu, Ganjar...

XL Axiata Kebut Vaksinasi Karyawan dan Keluarganya

*Total 75% Karyawan Sudah Vaksin JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) secara bertahap terus melakukan vaksinasi kepada karyawan. Kini...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Whatsapp Akhirnya Batalkan Kebijakan Baru Tentang Privasi

TERKAIT berbagai isu keamanan dan privasi yang sedang ramai belakangan ini, Masyarakat sempat dibuat “kebingungan” salah satunya ketika Whatsapp...

Covid Menggila, Penjualan Rumah Anjlog

SEMARANG - Meledaknya jumlah kasus covid-19 di sejumlah daerah di Jawa Tengah seperti Kudus, Semarang, Demak, Purwodadi dan daerah...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda