NasionalPelindo III Semarang Siapkan 4.300 Tiket Bus Gratis

Pelindo III Semarang Siapkan 4.300 Tiket Bus Gratis

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Masih tingginya pemudik menggunakan jalur darat saat Mudik Lebaran 2019. Hal ini dimanfaatkan pemerintah dengan menyediakan program mudik gratis.

Salah satunya, PT Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menyiapkan 4300 tiket bus mudik gratis untuk menyambut lebaran 2019 bagi penumpang kapal yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang baik yang datang dari Luar Jawa maupun Jakarta

Ceo Regional Jawa Tengah Pelindo III Arief Prabowo mengatakan, tahun ini sudah menyiapkan 4300 tiket bus gratis bagi penumpang kapal yang akan mudik di wilayah Jateng dan DIY.

“Namun, target yang kami sediakan mencapai 6 ribu tiket bus” kata Arief Nugroho saat ditemui Wawasan, usai memberikan sembako gratis sebanyak 5500 paket yang dibagikan warga di kantor Pelindo III, Kamis, (16/5).

Ia menambahkan, progam gratis ini diberikan bagi penumpang kapal Pelni, dan progam kapal gratis yang diselenggarakan oleh Dinas Perbuhungan RI dengan jumlah 8 ribu penumpang dan 4 ribu kendaraan. Sisanya disediakan untuk penumpang kapal swasta.

“Jadi, kalau ada pemudik anak kecil bersama orang tua kita sarankan naik bus gratis. Hal ini demi kenyamanan pemudik untuk pulang ke kampung halaman,” tambahnya.

Adapun rute mudik gratis bus tersebut terdiri dari Semarang – Solo, Semarang – Yogyakarta, Semarang – Purworejo, Semarang – Tegal, Semarang – Rembang, Semarang – Wonosobo, Semarang – Demak dan lainnya.

Bus gratis yang dikelola Pelindo III tersebut akan tersedia sejak tanggal 29 atau H-6 Lebaran. “Calon pemudik dapat segera mendaftarkan diri via online ke website resmi: mudik.pelindo.co.id atau via aplikasi dengan mengunduh (download) aplikasi Mudik Pelindo III di Google Play,” tambahnya.

Untuk calon pemudik moda transportasi bus, setelah terdaftar secara online dapat mengambil tiket bus gratis di pelabuhan kedatangan dengan menujukkan kartu identitas resmi (KTP atau copy KK), serta tiket kapal untuk melanjutkan perjalanan dengan bus gratis.

“Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III akan diasuransikan sebagai fasilitas proteksi yang menyeluruh,” tegasnya.

Siapkan 17 Kapal

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otorisasi Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, Ahmad Wahid menambakhan, peningkatan penumpang saat arus mudik lebaran 2019 menggunakan kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang diprediksi akan naik hingga 10 – 15 persen.

Peningkatan tersebut seiring dengan banyaknya minat masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut untuk perjalanan mudik

“Tahun ini kami perkirakan ada peningkatan penumpang berkisar 10 – 15 persen dari jumlah 78.000 penumpang tahun lalu,” kata, Ahmad Wahid.

Adapun saat mudik tahun ini, Pelabuhan Tanjung Emas akan mengoperasikan sebanyak 17 kapal dan tiga diantaranya diperuntukkan untuk program mudik gratis.

Khusus mudik gratis, kata dia, kapal-kapal tersebut akan mulai beroperasi sejak tanggal 29 Mei 2019.

“Persiapan sudah kordinasi dengan berbagai stakeholder dan menteri perhubungan juga sudah melakukan pengecekan dan sudah siap,” tandasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda