ARTUGO Ramaikan Pasar Home Appliance Indonesia

– PENDATANG BARU- ARTUGO, brand elektronik pendatang baru, siap bersaing memasuki pasar home appliance di Indonesia. Foto : ist/zonapasar.com

 

*Andalkan Layanan Purnajual Berbasis Digital

 

SEMARANG- Mewabahnya COVID-19 telah membawa dampak buruk dalam berbagai aspek kehidupan. Pun, wabah ini juga mengakibatkan kelesuan ekonomi yang cukup serius di berbagai belahan dunia.

Namun hal ini tak menyurutkan langkah ARTUGO yang merupakan brand pendatang baru, untuk memasuki pasar home appliance di Indonesia. Optimisme brand besutan PT Kreasi Arduo Indonesia ini tak lepas dari matangnya strategi yang disiapkan untuk mengubah kondisi yang kurang ideal ini menjadi peluang.

“Mengawali bisnis di masa pandemi COVID-19 membawa tantangan tersendiri bagi ARTUGO. Mengambil langkah dengan mempertimbangkan perspective dari sisi konsumen adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan calon pengguna produk kami,” jelas Robert Widjaja, CEO PT Kreasi Arduo Indonesia.

Hal inilah yang memantapkan ARTUGO untuk menciptakan gebrakan dari sisi purna jual justru di awal perjalanan memasuki pasar peranti rumah tangga dan dapur.
Tak tanggung – tanggung, ARTUGO telah menciptakan ARTUGO Digital Warranty, sistem purna jual berbasis digital yang mumpuni, yang akan menjadi jembatan penghubung antara ARTUGO dan konsumennya secara langsung dan berkesinambungan.

Dengan adanya ARTUGO Digital Warranty, konsumen sangat dimudahkan dalam proses klaim garansi maupun service – service pendukung lain yang dibutuhkan. Pengguna cukup melakukan scan QR Code pada produk dan mengikuti beberapa langkah registrasi, secara otomatis produk akan terdaftar dalam website www.artugo.co.id. Kendala yang biasa terjadi karena hilangnya nota pembelian atau kartu garansi kini tak lagi menjadi persoalan.

Dengan sistem ini pula, konsumen tak perlu repot menghubungi nomor service center setiap saat memerlukan layanan. Dalam ARTUGO Digital Warranty, telah tersedia fitur untuk meminta perbaikan yang dapat diakses selama 24 jam.

Update proses perbaikanpun dapat dipantau melalui fitur Service Tracking. Fitur ini bertujuan untuk menjamin kenyamanan pengguna karena mengetahui dengan pasti sampai di mana kemajuan proses perbaikan produk ARTUGO miliknya.

Tidak sampai di situ saja, kejutan lain yang diusung adalah komitmen 7 Days Solution. Ini merupakan langkah berani yang diambil, untuk menjaga kepercayaan dan kenyamanan konsumen,yang merupakan aset berharga bagi ARTUGO.

Saat produk mengalami masalah dan memerlukan perbaikan lebih lanjut, maksimal dalam tujuh hari sejak konsumen menyampaikan keluhan, ARTUGO akan memberikan solusi mulai dari meminjamkan produk pengganti atau loan unit, hingga mengganti produk bermasalah dengan produk yang baru.

“7 Days Solution bertujuan untuk memastikan konsumen tidak kehilangan fungsi dari produk ARTUGO saat produknya memerlukan perbaikan,” lanjut Robert Widjaja.

*Cermat di Pilihan Lini, Gebrak Pasar di Era Pandemi

Mantap di sisi purna jual, tak membuat ARTUGO lalai dalam strategi pemilihan lini produk pertamanya.Pemilihan Chest Freezer sebagai lini perdana adalah hasil dari kejelian ARTUGO membaca kebutuhan pasar di masa pandemi COVID-19.

Era normal baru yang berdampak pada menurunnya intensitas kegiatan di luar rumah termasuk belanja, membuat masyarakat kini punya kebiasaan baru menyimpan bahan makanan lebih banyak dari sebelumnya.

Selain itu, banyaknya peralihan pekerjaan dari sektor formal ke non-formal bagi pekerja yang terimbas dampak ekonomi akibat COVID-19, turut andil dalam meningkatnya jumlah wirausaha terutama di sektor penjualan food and beverage.

Dua hal utama inilah yang mengakibatkan naiknya kebutuhan akan produk pembeku makanan.
Menjawab kebutuhan tersebut ARTUGO berinovasi dengan menghadirkan chest freezer dengan Pre-Coated Material (PCM) sebagai bahan cabinet dalam, sehingga lebih kuat, tahan gores, anti karat, dan mudah dibersihkan.

Dari sisi teknologi, ARTUGO melakukan terobosan dengan mengembangkan Wide Range Voltage Compressor yang mampu tetap bekerja optimal di tengah kondisi tegangan listrik yang tidak stabil dari 160 hingga 260 Volt, sehingga produk chest freezer pun lebih awet.

Robert Widjaja menjelaskan, inovasi Wide Range Voltage Compressor, telah ditanamkan di sebagian besar tipe produk Chest Freezer ARTUGO di antaranya CF 381, CF 382, CF 432, CF 532, CF 632, CF 682, CF 782, dan CF 1633, seluruh SNI Model dari 100 liter hingga 300 liter, serta seluruh Showcase Cooler 1 pintu. ARTUGO akan menanamkan teknologi ini ke dalam tipe – tipe produk chest freezer terbaru yang akan di-launching dalam beberapa pekan ke depan.

Sedangkan khusus chest freezer kapasitas besar 900 liter hingga 1390 liter, ARTUGO mendatangkan kompresor Spanyol yang dikenal unggul di kelas heavy duty. Dinamai Matador Series, chest freezer ini dibuat untuk mengakomodir kebutuhan pelaku bisnis yang membutuhkan spesifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan untuk rumah tangga.

Mochammad Alwi, Area Manager PT Kreasi Arduo Indonesia untuk area Jawa Tengah dan Yogyakarta mengungkapkan, strategi untuk menjaga kepercayaan konsumen melalui Digital Warranty dan memastikan kesesuaian produk terhadap kebutuhan pasar adalah fondasi kokoh bagi ARTUGO untuk siap bersaing di industri home appliance.

“Pemerataan distribusi ke seluruh area Jawa Tengah kami lakukan. Saat ini produk – produk ARTUGO bisa dengan mudah didapatkan di dealer – delaer yang tersebar di kota Semarang, Ungaran, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Kendal, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, Purwokerto, Solo, hingga Yogyakarta. Strategi pemerataan market ini tak lepas dari visi kami, agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati Great Product, Excellent Service ala ARTUGO,” tutup Mochammad Alwi.(ZP-02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here