Awas!! Indonesia Dihantui Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

 

Ilustrasi (BMKG)

JAKARTA – BMKG mengimbau agar masyarakat lebih waspada, karena adanya potenai turun lebih lebat dalam beberapa hari ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Drs. Mulyono R. Prabowo, M.Sc mengatakan, dari pantauan kondisi dinamika atmosfer terkini terindikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia.
“Potensi hujan lebat disertai petir dan angin akan terjadi dalam periode lima hari kedepan 18 – 22 Januari 2017,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Kami, (18/1/2018)

Menurut dia, potensi itu hampir merata di seluruh Indonesia. Antara lain : Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

“Masyarakat agar waspada dan berhati hati akan dampak peningkatan potensi hujan ini. Karena diperkirakan potensi banjir, longsor, genangan, banjir bandang dan pohon tumbang juga turut meningkat,” katanya.

Dia menambahkan, wilayah Perairan P. Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Periaran Banten, hingga Perairan Selatan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat diperkirakan ketinggian gelombang antara 2 – 4 meter. Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat pesisir antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, Pantai Selatan Banyuwangi.

“Masyarakat agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari, ” ucapnya.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui :
– call center 021-6546315/18 ;
– http://www.bmkg.go.id ;
– follow@infobmkg ;
– atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (ZP02)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here