Balamuda Pemalang ‘Titipkan’ Masa Depan Jateng

*Lewat Pasangan Ahmad Lutfi dan Taj Yasin

0

 

ZONAPASAR.COM, PEMALANG- Balamuda Kabupaten Pemalang menitipkan masa depan Jawa Tengah lewat pasangan Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, Ahmad Lutfi – Taj Yasin. Hal tersebut menyeruak pada Diskusi dan Konsolidasi bertajuk “Masa Depan Jawa Tengah dari Kacamata Anak Muda Pemalang”, Senin (14/10/2024), di Warungprung, Pemalang.

 

Acara yang diikuti puluhan anak muda dari berbagai latar belakang di Kabupaten Pemalang berlangsung cukup meriah dan antusias. Warungpring Pemalang Selatan, tempat diadakannya acara nampak riuh dan ramai.

 

Ketua Balamuda Kabupaten Pemalang, Andi Purwanto yang juga menjadi Tokoh Pemuda setempat menuturkan, Pemalang banyak mencetak anak-anak muda yang bertalenta. Namun begitu, jarang sekali yang mau kembali dan membangun pemalang, khususnya di wilayah Pemalang Selatan.

 

“Salah satu isu yang ingin saya sampaikan adalah isu angka putus sekolah. Berdasarkan data dari DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, sampai Juni tahun 2024. Menyebutkan bahwa di Kabupaten Pemalang ada 22.425 anak putus sekolah,” kata Andi Purwanto.

 

Ketua Balamuda Jawa Tengah, Didik Armansyah yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Ayahanda Ahmad Luthfi dan Guru Kita Gus Yasin akan fokus dan serius dalam meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan gratis di Jawa Tengah, dengan program sekolah Gratis untuk SMA, SMK, Madrasah, Pesantren, dan SLB. Program yang kedua, Sekolah Unggulan akan ada di setiap Kecamatan, Paket Seragam, buku, dan Internet gratis.

 

“Nantinya juga akan ada beasiswa kuliah gratis pada 5 Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah melalui proses seleksi yg kompetitif dan kredible. Harapannya, program tersebut bisa memberi akses yang luas untuk anak-anak muda Jawa Tengah meneruskan pendidikan sampai bangku kuliah,” ungkapnya.

 

Terkait hal tersebut, Didik juga mengajak kepada Anak Muda Pemalang untuk mengawal program tersebut benar-benar terealisasi.

 

Naufal Ramadhan, Perwakilan dari Zilenial Jateng menyampaikan, ia baru pertama menginjakkan kaki di Pemalang Selatan. Ia pun sadar bahwa berbicara Jawa Tengah tidak selesai di pusat-pusat kota atau pusat keramaian saja.

 

“Kedatangan kami di forum ini adalah salah satu bentuk keseriusan Ayahanda Ahmad Luthfi dan Guru Kita Gus Yasin dalam mendengarkan serta memperhatikan kegelisahan dan keresahan anak-anak muda di seluruh penjuru Jawa Tengah,” tukasnya.

 

Hal senada dikatakan, Adam Bagas Pratama, selaku Wakil Ketua Jaringan Muda Ahmad Luthfi Pemalang. Ia menyampaikan, permasalahan di Pemalang memang kompleks.

 

“Seperti yang sudah disampaikan pemantik sebelumnya, saya mau menambahkan terkait isu pengangguran atau isu lapangan pekerjaan. Banyak perusahaan yang berada di Pemalang, tetapi banyak yang bekerja dan yang mengisi pos-pos strategis bukan orang Pemalang. Saya sepakat dengan yang disampaikan mas Didik, kita harus benahi SDM dulu supaya bisa mengelola seluruh sektor-sektor strategis,” ujarnya.

 

Peserta diskusi nampak antusias menyampaikan keresahan. Tercatat ada 3 poin yang nantinya akan dikawal bersama diantaranya pada bidang lapangan pekerjaan, bidang pendidikan, dan bidang Usaha Kreatif.

 

Diskusi ditutup dengan konsolidasi masing-masing Korcam Kabupaten Pemalang, dan disertai dengan komitmen dukungan terhadap Ahmad Luthfi – Taj Yasin sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.(zav)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan

Verified by MonsterInsights