BPS Matangkan Kordinasi SP 2020 dengan Koordinator Kecamatan se-Jateng

Kepala BPS Provinsi Jateng, Sentot Bangun Widoyono (tengah) dalam kegiatan Rapat Teknis Persiapan SP 2020 dengan 576 Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) se-Jateng di Harris Hotel Semarang selama tiga hari, Senin – Rabu (16-18/12/19).

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah terus melakukan berbagai persiapan menuju kegiatan Sensus Penduduk (SP) 2020.

Kali ini BPS Jateng menggelar Rapat Teknis Persiapan SP 2020 dengan melibatkan 576 Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) se-Jateng di Harris Hotel Semarang selama tiga hari, Senin – Rabu (16-18/12/19).

Kepala BPS Provinsi Jateng, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, rapat teknis kali ini sebagai salah satu penyiapan langkah-langkah strategis, sekaligus menjalin kordinasi, pemantapan, evaluasi berbagai bidang pekerjaan terkait SP 2020.

Menurutnya, sebagai penanggung jawab di kecamatan tugas KSK tidaklah mudah, karena harus mampu berkordinasi dan berkomunikasi ke semua jajaran, termasuk hingga ke masyarakat.

“Rakor menjadi komitmen, kita memiliki tanggungjawab. Tidak mungkin bekerja sendiri-sendiri. Jaga soliditas di lingkungan masing-masing untuk menuju satu data kependudukan,” ujar Sentot, Senin (16/12/19).

Ia menambahkan, kesuksesan SP 2020 ditentukan dua titik krusial yakni saat sensus penduduk online (SPO) dan saat pelaksanaan sensus penduduk wawancara (SPW).

Adapun kegiatan sensus online akan dilaksanakan Februari-Maret 2020 melalui laman sensus.bps.go.id. Sedangkan untuk verifikasi ulang atau penerjunan petugas lapangan dilakukan Juli 2020.

“Saya ingatkan petugas untuk ikut menjaga kerahasian data sensus, jangan sampai disalahgunakan karena ada ancaman hukuman dan denda,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here