Ekonomi BisnisBSN Gandeng Jateng Gelar E-Bike Ride

BSN Gandeng Jateng Gelar E-Bike Ride

-

- Advertisment -spot_img

Sekda Kota Semarang, Iswar Aminudin (kanan), melepas peserta konvoi E-Bike ramah lingkungan di Wisma Perdamaian Jateng, Minggu (6/10/19).

SEMARANG – Konvoi Kampanye Kendaraan Listrik dan Sepeda Ber-SNI 2019 atau E-Bike Ride menjadi ajang yang efektif untuk mendukung terwujudnya Langit Biru di Jawa Tengah.

“Penyelenggaraan E-Bike Ride ini menjadi sarana promosi dan edukasi tentang Program Langit Biru kepada masyarakat, industri, pemerintah, komunitas dan akademisi,” kata Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya, di sela-sela penyelenggaraan E-Bike Ride 2019 di Wisma Perdamaian, Semarang, Minggu (6/10/2019).

Konvoi kampanye kendaraan listrik dan sepeda ber-SNI diikuti lebih dari 700 peserta dari kalangan masyarakat, industri, pemerintah, komunitas dan akademisi, dengan mengendarai motor listrik, sepeda listrik, serta sepeda. Beberapa perusahaan menjadi pendukung kegiatan ini diantaranya PLN Regional Jateng dan DIY, PT. Juara Bike (Selis), PT. Volta Semesta Indonesia, PT. Siemens Indonesia, dan PT. Pupuk Kaltim.

Rombongan konvoi melalui rute dimulai dari Wisma Perdamaian – Stasiun Poncol – Stasiun Tawang – Jl.dr. Cipto – Jl. Sriwijaya – Jl. Veteran – Jl. Dr. Sutomo – Wisma Perdamaian.

Bambang menjelaskan, program Langit Biru merupakan salah satu upaya mengendalikan dan mencegah pencemaran udara yang dicanangkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup pada waktu itu, melalui Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 15 Tahun 1996. Program Langit Biru juga bertujuan untuk mewujudkan perilaku sadar lingkungan baik dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor.

“BSN dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tentu harus berkontribusi mendukung program ini. Melalui konvoi dan kampanye kendaraan listrik dan sepeda ber-SNI, BSN bersama Pemerintah Jateng mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan gerakan Langit Biru. Menciptakan awareness dan aksi nyata penggunaan kendaraan ramah lingkungan,” tegas Bambang.

Apalagi, lanjutnya, kini pemerintah Indonesia tengah serius untuk mengurangi emisi gas buang yang dibuktikan salah satunya melalui pengembangan kendaraan listrik.

“Presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Ini harus kita dukung, menggaungkan penggunaan kendaraan listrik lebih massif lagi,” ujar Bambang.

BSN optimistis Jawa Tengah bisa mewujudkan Langit Biru. Jawa Tengah merupakan daerah yang berkomitmen tinggi dalam mendukung Program Langit Biru melalui program-program ramah lingkungan dan hemat energi.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan diterimanya Penghargaan Efisiensi Energi Nasional dari Menteri ESDM 5 kali berturut-turut sejak tahun 2014. Jateng dinobatkan sebagai sebagai Juara 1 untuk Kategori Penghematan Energi di Lingkungan Pemerintah Daerah. Selain itu, Kota Semarang juga pernah diganjar peraih nilai tertinggi hasil Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan Program Langit Biru Tahun 2016 (Kota Langit Biru terbaik) kategori Kota Metropolitan. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda