Ekonomi BisnisBulog dan Pemprov Jateng Tandatangani Kerjasama Stabilisasi Harga Beras

Bulog dan Pemprov Jateng Tandatangani Kerjasama Stabilisasi Harga Beras

-

- Advertisment -spot_img
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso dalam kegiatan penandatanganan Kesepakatan Bersama dalam rangka Pendistribusian Cadangan Beras Pemerintah (CBP), melalui Pelaksanaan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) Beras Medium di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Gubernuran Jateng, Kamis (22/11).

SEMARANG- Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum BULOG) bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov)
Jawa Tengah melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama dalam rangka Pendistribusian Cadangan Beras Pemerintah (CBP), melalui Pelaksanaan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) Beras Medium.

Kesepakatan tersebut ditandatangani Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada Kamis (22/11), di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Gubernuran Jateng.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Wasesa mengatakan, penandatanganan kerjasama tersebut merupakan langkah memangkas mata rantai distribusi beras medium yang begitu panjang hingga 8 jalur. Dengan dipangkasnya jalur distribusi diharapkan harga beras medium bisa dijangkau olah masyarakat yang membutuhkan.

“Melalui MoU kali ini distribusi beras bisa langsung ke masyarakat baik lewat kepala desa, koperasi, kios desa, toko, dan RT/RW, sehingga penyebaran beras medium ini ada langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Jadi harganya relatif murah dan tidak bisa dipermainkan oknum tengkulak maupun pedagang,” kata Budi Wasesa.

Dikatakan, Bulog saat ini memiliki stok sebanyak 1,2 juta ton beras medium dan ditargetkan mampu diserap sebanyak 3000 – 5000 ton untuk wilayah Jateng per hari. Adapun harga beras medium nantinya akan dijual Rp 8.250 per kilogram.

“Saya yakin ini bisa dilaksanakan teman-teman kades dan masyarakat tentu akan mendapatkan kemudahan dan keuntungan. Dan beras dari Bulog tidak mungkin ditukar karena kami sudah menjamin kualitasnya,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengemukakan, kerjasama dengan Bulog itu menjadi solusi mengatasi masalah distribusi beras di pasar yang kurang efektif. Ide distribusi langsung ini sangat positif karena masyarakat akan mendapatkan beras dengan kualitas baik.

“Kita punya semangat bahwa masyarakat harus mendapatkan beras yang baik dan terjangkau dengan kualitas beras yang tidak jelek. Maka hari ini (kerjasama dengan Bulog) menjadi solusi karena distribusi akan langsung ke konsumen,” ucapnya.

Ganjar pun mempercayakan distribusi beras tersebut kepada kades karena yang akan bersinggungan langsung dengan masyarakat adalah mereka. “Para kades mereka nanti dapat menyebarkan ke masyarakat, terserah apa lewat Bumdes dan sebagainya, sehingga mereka bisa mendekati langsung masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pameran Property Expo Semarang Cetak Transaksi Rp 28 Miliar

SEMARANG - Pameran Property Expo Semarang mendapatkan hasil menggembirakan bagi para pengembang di awal tahun 2022. Pemeran perdana yang digelar...

GTSI Kembali Dikontrak BP Berau Ltd.

JAKARTA– PT GTS Internasional Tbk. (GTSI) melalui salah satu anak perusahaannya PT Hikmah Sarana Bahari (HSB) berhasil mendapatkan kepercayaan...

Empal Krispi Sajian Baru Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan kembali mengeluarkan special menu di awal tahun 2022 ini. Menu ini sangat cocok untuk...

Smartfren Hadirkan Unlimited Terbaru, No Drama No Ribet dengan Promo Dua Kali Lebih Besar

JAKARTA –  Selaras dengan kebutuhan generasi masa kini  yang selalu keep connected ke internet, maka di awal tahun ini...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Tegaskan WA Undian Berhadiah HOAX

SEMARANG- PT Pertamina (Persero) menegaskan, pesan berantai yang beredar melalui sejumlah saluran media seperti Whatsapp terkait undian berhadiah...

25 Konsumen Pertama di Kota Semarang Terima Honda All New BR-V

SEMARANG- Mengawali tahun 2022, Honda Semarang Center melakukan penyerahan perdana secara simbolik 25 unit All New Honda BR-V kepada...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda