Ekonomi BisnisDampak Corona, Potensi Pendapatan Bandara Ahmad Yani Turun Rp...

Dampak Corona, Potensi Pendapatan Bandara Ahmad Yani Turun Rp 9 Miliar

-

- Advertisment -spot_img

Petugas melakukan pemeriksaan penumpang di Bandara Ahmad Yani Semarang.

SEMARANG – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatat jumlah penumpang terus mengalami penurunan imbas virus corona.

GM AP I Bandara Internasional Ahmad Yani, Hardi Ariyanto mengatakan, jumlah penumpang baik domestik maupun internasional di bandara tersebut mengalami penurunan cukup besar.

Adapun sepanjang Januari – Maret 2020, jumlah penumpang yang ada turun menjadi 449 ribu. Padahal apabila dibandingkan periode sama tahun lalu mampu mencapai 541 ribu penumpang.

“Nilai kerugiannya mencapai Rp 9 miliar, dan secara corporate kami mengalami loss pendapatan sebesar Rp 207 miliar,” katanya, Rabu (11/3/20).

Dia mengatakan, penurunan jumlah penumpang karena dipengaruhi adanya adanya travel warning dari pemerintah untuk mencegah masuk dan menyebarnya virus tersebut, yang kemungkinan terbawa oleh para penumpang, terutama yang berasal dari rute internasional.

“Sesuai dengan instruksi dari pemerintah, semua penumpang dari rute penerbangan Itali, Iran, dan Korea Selatan dilarang masuk. Jadi walaupun jadwal penerbangannya sama, namun jumlah penumpangnya menurun. Termasuk untuk yang umrohpun juga masih ada larangan terbang,” ujarnya.

Dia menambahkan, tidak hanya berpengaruh pada penurunan tingkat keterisian (okupansi) penumpang saja, dampak travel warning tersebut juga berimbas pada pengiriman logistik melalui jalur penerbangan dimana terjadi prosentase penurunan sebesar 12 persen selama tiga bulan terakhir.

“Kami memang mengalami kerugian, namun kami tetap mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada para penumpang yang datang,” pungkasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Sido Muncul Sumbang Rp500 Juta Korban Banjir NTT Lewat Kemensos

JAKARTA- Banjir bandang yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4/2021), telah menelan ratusan korban...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda