Desa Berdaya Rumah Zakat Jadi Desa Tangguh Bencana

JEMBER – Rumah Zakat meresmikan Program Desa Tangguh Bencana di Desa Suci, Jember, Jawa Timur. Dalam peresmian tersebut, terdapat penyuluhan kesiapsiagaan dan kebencanaan dasar yang disampaikan oleh Rudy da Parmuji dari BPBD (Badab Penanggulangan Bencana Daerah) Kab. Jember.

Program Desa Tangguh Bencana bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kesiapsiagaan bencana. Selain memberikan edukasi, penyuluhan, dan simulasi, program yang akan dibantu oleh pemuda desa sebagai penggeraknya ini meliputi penurunan risiko bencana dengan penanaman pohon dan pembuatan jalur evakuasi.

“Saya mewakili pemerintah desa berterima kasih kepada Rumah Zakat yang telah menginisiasi program ini. Saya senang sekali karena program ini sejalan dengan pemerintah desa, semoga ke depannya kita bisa saling bekerjasama dalam hal kesiapsiagaan bencana,” kata Nur Salim, Kepala Desa Suci, Kamis (2/5).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 41 orang, sebagian peserta berasal dari perwakilan tujuh Karang Taruna se Desa Suci. Setelah mendapatkan penyuluhan, kegiatan dilanjutkan dengan pembentukan Komunitas Pemuda Tangguh Bencana yang akan menjadi penggerak kegiatan selanjutnya.

“Program ini sangat penting, mengingat desa kami pernah diterjang banjir bandang pada tahun 2006. Wilayah kami juga rawan longsor, sehingga harus tetap waspada jika bencana tersebut datang di kemudian hari,” ungkap Retin, salah satu peserta. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here