Rumah Zakat Resmikan Desa Berdaya di Lombok

LOMBOK- Untuk membangun kembali NTB secara berkelanjutan, Rumah Zakat meresmikan Desa Berdaya di Desa Pamenang Barat, Kabupaten Lombok Utara. Peresmian tersebut dihadiri langung oleh CEO Rumah Zakat, Nur Efendi pada Rabu, (24/10).

Penanganan bencana gempa di Nusa Tenggara Barat telah memasuki fase rehabilitasi dan rekonstruksi, di mana proses pembangunan infrastruktur dan perekonomian mulai dilakukan. Maka dari itu, Rumah Zakat turut mengambil bagian untuk membantu pemerintah dalam
proses pemulihan ini.

“Kami menggulirkan lima program utama pada fase ini, yaitu pembangunan huntara (hunian sementara), sekolah darurat, masjid, toilet komunal, dan pembangunan pasar berdaya. Program tersebut bertujuan untuk mengembalikan semangat masyarakat Lombok yang sempat hancur karena gempa,” jelas Nur Efendi.

Sedangkan menurut Murni Alit Baginda, Program Officer Rumah Zakat, Desa Berdaya adalah program pemberdayaan desa yang berkelanjutan. Dengan mengintegrasikan rumpun program pemberdayaan dalam satu wilayah yang terdiri dari pemberdayaan ekonomi, capacity building, dan program pendukung yang meliputi program pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

“Kami menargetkan untuk bisa membangun tiga Desa Berdaya di Nusa Tenggara Barat hingga akhir tahun 2018 ini. Insya Allah ketiga lokasi tersebut berada di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, dan Sumbawa,” kata Murni. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here