PolitikPilkada 2020Dewan Pers: Media Jadi Jembatan Peserta, Pemilih, Penyelenggara dan...

Dewan Pers: Media Jadi Jembatan Peserta, Pemilih, Penyelenggara dan Pengawas dalam Pemilu

-

- Advertisment -spot_img
Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi dalam kegiatan Diskusi Media Pilkada Berintegritas yang terselenggara di Hotel Santika Semarang, Senin (7/5).

SEMARANG- Pada pemilihan umum, media massa disimbolkan sebagai jembatan yang diharuskan mampu menjadi penghubung antara peserta, pemilih, penyelenggara, dan pengawas pemilu.

Hal itu diungkapkan Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi dalam kegiatan Diskusi Media Pilkada Berintegritas yang terselenggara di Hotel Santika Semarang, Senin (7/5).

Imam Wahyudi mengatakan, salah satu yang menjadi jembatan adalah iklan pasangan colon di pemilu yang ditampilkan. Dari iklan itu masyarakat dan pihak terkait tahu dan bisa menerima pesan akan adanya calon pemimpin di wilayah mereka.

“Iklan itu fungsinya mejembatani peserta pemilu dengan pemilih. Artinya media memberikan pesan dan sepanjang tidak melanggar hukum terbitkan saja. Tapi harus jelas itu adalah iklan,” kata Imam Wahyudi.

Ia menjelaskan, meski pemberitaan atau program khusus tersebut masuk kategori iklan, semua unsur jurnalisitik harus tetap dijaga dan tidak boleh ada unsur intervensi dari pihak manapun.

“Fungsi peliputan dan program khusus, berlaku semua prinsip jurnalistik. Sepanjang pemberitaan harus dan tak boleh ada intervensi baik dari penyelenggara, peserta dan pihak lain,” ucapnya.

Ia menambahkan, selama semua prinsip jurnalisitik tersebut terus dipraktikkan, maka Dewan Pers akan terus melindungi ketika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan pada awak media.

“Selama itu dijaga, ketika ada kasus Dewan Pers akan membela dengan mati-matian. Tapi jika terbukti itu tidam bisa dijaga, maka produk ini tidak bisa dianggap produk yang akurat dan terpercaya,” ujarnya.

Sementara, saat ini lanjutnya, telah banyak pengaduan yang dilayangkan kepada dewan pers terkait awak media tertentu yang dinilai melanggar kode etik dan memihak salah satu kelompok. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata Business Solutions Raih Sertifikasi ISO 22301:2019

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions berhasil meraih Sertifikasi ISO 22301:2019 yang merupakan...

Hotel Santika Pekalongan Gunakan Bahan Plastik Mudah Terurai Jaga Lingkungan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan terus mendukung pemerintah untuk menggunakan bahan plastik yang ramah lingkungan untuk segala keperluan. Hotel Santika...

Musda XV HIPMI Jateng: Dua Calon Ketua Umum Janji Siap Kolaborasi dan Sinergi

SEMARANG - Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Tengah ke XV segera digelar pada 28 -...

Pameran Property Expo Semarang Cetak Transaksi Rp 28 Miliar

SEMARANG - Pameran Property Expo Semarang mendapatkan hasil menggembirakan bagi para pengembang di awal tahun 2022. Pemeran perdana yang digelar...
- Advertisement -spot_imgspot_img

GTSI Kembali Dikontrak BP Berau Ltd.

JAKARTA– PT GTS Internasional Tbk. (GTSI) melalui salah satu anak perusahaannya PT Hikmah Sarana Bahari (HSB) berhasil mendapatkan kepercayaan...

Empal Krispi Sajian Baru Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan kembali mengeluarkan special menu di awal tahun 2022 ini. Menu ini sangat cocok untuk...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda