PolitikPilkada 2020Dewan Pers: Media Jadi Jembatan Peserta, Pemilih, Penyelenggara dan...

Dewan Pers: Media Jadi Jembatan Peserta, Pemilih, Penyelenggara dan Pengawas dalam Pemilu

-

- Advertisment -spot_img

Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi dalam kegiatan Diskusi Media Pilkada Berintegritas yang terselenggara di Hotel Santika Semarang, Senin (7/5).

SEMARANG- Pada pemilihan umum, media massa disimbolkan sebagai jembatan yang diharuskan mampu menjadi penghubung antara peserta, pemilih, penyelenggara, dan pengawas pemilu.

Hal itu diungkapkan Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi dalam kegiatan Diskusi Media Pilkada Berintegritas yang terselenggara di Hotel Santika Semarang, Senin (7/5).

Imam Wahyudi mengatakan, salah satu yang menjadi jembatan adalah iklan pasangan colon di pemilu yang ditampilkan. Dari iklan itu masyarakat dan pihak terkait tahu dan bisa menerima pesan akan adanya calon pemimpin di wilayah mereka.

“Iklan itu fungsinya mejembatani peserta pemilu dengan pemilih. Artinya media memberikan pesan dan sepanjang tidak melanggar hukum terbitkan saja. Tapi harus jelas itu adalah iklan,” kata Imam Wahyudi.

Ia menjelaskan, meski pemberitaan atau program khusus tersebut masuk kategori iklan, semua unsur jurnalisitik harus tetap dijaga dan tidak boleh ada unsur intervensi dari pihak manapun.

“Fungsi peliputan dan program khusus, berlaku semua prinsip jurnalistik. Sepanjang pemberitaan harus dan tak boleh ada intervensi baik dari penyelenggara, peserta dan pihak lain,” ucapnya.

Ia menambahkan, selama semua prinsip jurnalisitik tersebut terus dipraktikkan, maka Dewan Pers akan terus melindungi ketika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan pada awak media.

“Selama itu dijaga, ketika ada kasus Dewan Pers akan membela dengan mati-matian. Tapi jika terbukti itu tidam bisa dijaga, maka produk ini tidak bisa dianggap produk yang akurat dan terpercaya,” ujarnya.

Sementara, saat ini lanjutnya, telah banyak pengaduan yang dilayangkan kepada dewan pers terkait awak media tertentu yang dinilai melanggar kode etik dan memihak salah satu kelompok. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Wartawan Dan Polresta Banyumas Bagikan Paket Sembako

PURWOKERTO - Covid 19 bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, baik usia muda, dewasa maupun tua. Virus yang mematikan...

JNE dan Dompet Kemanusiaan Media Group Kirim Tabung Oksigen Gratis ke RSUP Kariadi Semarang

SEMARANG – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir dan dampak yang ditimbulkan hingga saat ini sangat berpengaruh besar...

Telkomsel Ajak Masyarakat Lakukan #YangKitaBisa

JAKARTA – Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang tengah menghadapi pandemi, Telkomsel berupaya untuk menempatkan diri berdampingan bersama masyarakat...

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...
- Advertisement -spot_imgspot_img

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda