Direktur Jenderal Pajak Resmikan Gedung Baru KPP Madya Semarang

Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo saat meresmikan kantor tersebut disaksikan oleh tamu undangan.

SEMARANG – Kantor Pelayanan Pajak Madya Semarang memiliki semangat baru dalam melaksanakan tugas pokok menghimpun penerimaan Negara serta memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak. Mulai hari itu, seluruh kegiatan administrasi dan operasional Kantor Pelayanan Pajak Madya Semarang telah beralih dari kantor sebelumnya yang bertempat di Gedung Keuangan Negara I Semarang, Jl. Pemuda No.2 Semarang ke kantor baru yang bertempat di Jl. Pemuda No.46 Semarang atau disebelah Rumah Makan Oen.

Peresmian kantor baru tersebut dilaksanakan secara langsung oleh Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo pada Jumat (17/7), disaksikan sejumlah tamu undangan antara lain perwakilan pejabat terkait serta beberapa perwakilan Wajib Pajak.

Sebagaimana diketahui, saat ini kondisi pandemi Covid-19 masih berlangsung termasuk di wilayah Kota Semarang, untuk itu seluruh rangkaian acara dilaksanakan dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang telah ditetapkan, antara lain penggunaan masker bagi seluruh tamu undangan, pengecekan suhu pada pintu masuk KPP Madya Semarang, pemakaian hand sanitizer serta penempatan tempat duduk tamu undangan yang disesuaikan dengan jarak aman physical distancing. Selain itu acara tersebut juga ditampilkan secara langsung melalui daring sehingga dapat diikuti oleh lebih banyak peserta yang ingin menyaksikan secara langsung acara peresmian tanpa melanggar ketentuan.

Gedung kantor baru KPP Madya Semarang merupakan Aset Eks Badan Penyehatan Perbankan Nasional (Gedung Eks BPPN/PTPPA) yang sudah lama tidak dipergunakan untuk berbagai aktifitas dan kegiatan. Gedung ini memiliki luas tanah sekitar 1.700m2 dan bangunan dua tingkat dengan luas bangunan utama sebesar 2.550m2. Proses pemanfaatan gedung menjadi kantor baru KPP Madya Semarang dilaksanakan melalui berbagai rangkaian tahap dan prosedur yang meliputi permohonan, persetujuan dan perijinan serta hal-hal terlait lainnya, kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan renovasi secara menyeluruh terhadap seluruh kondisi fisik gedung sehingga pada akhirnya menjadi sebuah gedung yang sangat representatif untuk menunjang seluruh kegiatan Kantor Pelayanan Pajak Madya Semarang.

Kantor baru KPP Madya Semarang terdiri dari dua lantai yang mampu menampung pegawai KPP Madya Semarang yang berjumlah 109 pegawai ditambah dengan seluruh tenaga pendukung. Lantai I dimanfaatkan untuk ruang pelayanan terpadu (termasuk ruang konsultasi dan ruang closing pemeriksaan), ruang Seksi Pelayanan termasuk ruang berkas pelayanan, ruang Seksi Waskon I, ruang Kelompok Fungsional Pemeriksa, ruang Seksi Pemeriksaan serta ruang rapat. Sedangkan Lantai II dimanfaatkan untuk ruang Seksi SUKI, Seksi PDI, Seksi Penagihan serta Seksi Waskon II, III dan IV dan Aula.

Dalam sambutannya Dirjen Pajak Suryo Utomo menyampaikan pesannya untuk pegawai KPP Madya Semarang, yg pertama dengan kantor baru yg lebih nyaman ini agar meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak melalui tatap muka maupun melalui layanan digital.

Kepada wajib pajak terutama yang hadir Suryo Utomo berpesan agar tidak lelah untuk membayar pajak, karena pajak itu bukan untuk pegawai pajak, tetapi untuk negara.

“Jika ada teman, saudara atau tetangga yg masih belum membayar pajak agar diingatkan dan diajak untuk membayar pajak, bantu kami untuk menceritakan bahwa negara ini membutuhkan uang dari pajak dan mengapa kita harus membayar pajak,” lanjut Suryo Utomo

“Mari kita bersama-sama, bergotong royong mengatasi pandemi Covid-19, yang kaya membantu yang kekurangan, yang kurang berdaya berdo’a agar pandemi segera berakhir, mari Bangkit Bersama Pajak”, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here