UmumKesehatanDPRD Jateng Wacanakan Pembentukan Perda Jaminan Kesehatan Masyarakat

DPRD Jateng Wacanakan Pembentukan Perda Jaminan Kesehatan Masyarakat

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- DPRD Provinsi Jawa Tengah mewacanakan adanya pembentukan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang jaminan kesehatan masyarakat di Provinsi ini.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Ahmadi mengatakan, Jateng yang memiliki lebih dari 35 juta penduduk, menjadi provinsi yang sangat diperhitungkan ketika mempunyai SDM yang baik. Namun hal itu harus didukung dengan kemampuan pendidikan dan kesehatan.

Untuk itu, kata dia dua hal tersebut harus diperhatikan agar mampu tumbuh baik, sehingga SDM di provinsi ini akan bisa dibanggakan karena dua poin itu sudah terpenuhi.

“Kesehatan juga jadi faktor menentukan, sehingga di 2019 ini DPRD mendorong ada perda sistem jaminan kesehatan. Perda ini untuk memastikan bahwa pemerintah memberikan kepastian kepada warga Jateng,” katanya, Jumat (8/2).

Disebutnya, saat ini warga Jateng belum 100% terkaver jaminan kesehatan. Masih ada 20% warga yang harus diperhatikan oleh semua stakeholder terkait agar warga bisa terkaver 100%.

“Kepesertaan jaminan kesehatan sudah ada 80%, dan tugas kami di DPRD dan Pemerintah Provinsi Jateng dan pihak terkait lainnya, masih ada 20% sehingga harus segera bagaimana agar sisanya itu dapat mengikuti jaminan kesehatan,” ucapnya.

Diakuinya, saat ini kesehatan memang belum menjadi prioritas dari Pemprov Jateng. Pasalnya program utama di Provinsi ini masih pada pembangunan infrastruktur dan pendidikan. Namun pihaknya akan mendorong terus agar perda tersebut disetujui sehingga kesehatan masyarakat benar-benar terjamin.

Dilanjutkan, selain pemerintah memastikan benar-benar hadir, masyarakat harus pula menyadari bahwa kesehatan menjadi hal yang harus diperhatikan.

“Warga Jateng juga harus punya kesadaran berpartisipasi dalam kesehatannya. Semua harus bersama, tidak bisa bergantung hanya pada pemerintah,” jelasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda