Ekonomi BisnisGanjar Dorong Pelaku UMKM Jateng Tingkatkan SDM dan Teknik...

Ganjar Dorong Pelaku UMKM Jateng Tingkatkan SDM dan Teknik Penjualan

-

- Advertisment -spot_img

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat membuka acara Cinta Indonesia Expo ke-7 yang digelar oleh Kadin Jateng di Atrium Ciputra Mal, Kamis (4/10).

SEMARANG- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya meningkatkan kemampuan pelaku UMKM agar bisa berkembang dan berkompetisi secara internasional. Di antaranya, memberikan pelatihan dan pemberian sertifikasi kompetensi bagi pelaku UMKM.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan peningkatan SDM dan pengembangan teknik penjualan produk UMKM melalui e-commerce harus dilakukan. Karenanya, pemerintah perlu memberikan bimbingan dan pendampingan.

“Ini yang kita harapkan makin hari mereka akan punya kualitas yang nanti bisa berkompetisi secara dagang di dunia internasional, bahwa kami fight, kami mampu, kami bisa dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau,” ujarnya usai membuka acara Cinta Indonesia Expo ke-7 yang digelar oleh Kadin Jateng di Atrium Ciputra Mal, Kamis (4/10).

Ganjar mengatakan, pameran-pameran produk UMKM bukan sebatas ajang promosi. Lebih dari itu, menjadi bahan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana produk itu diminati masyarakat.

“Ini bisa menjadi re-assessment terhadap kualitas produk yang ada dan kualitas dalam berdagang. Kira-kira konsumen semakin meningkat, semakin tertarik atau tidak. Sehingga tahu apa yang perlu diperbaiki,” terangnya.

Dalam meningkatkan kualitas UMKM di Jateng ini, Ganjar mengatakan sudah terjalin kerja sama antar tiga pihak yakni pengusaha, pemerintah dan perguruan tinggi. Harapannya, hasil-hasil riset yang dilakukan dalam dunia pendidikan juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM. Hal ini tentu akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Pengusaha juga berharap SMK-SMK di Jateng bisa menciptakan SDM yang bagus dengan kurikulum yang sesuai dengan harapan para pengusaha, ini juga jadi upaya bersama,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hasan Abdullah Razaq mengatakan gelaran ini merupakan yang ke-7 diselenggarakan. Pameran Produk Unggulan Asli Indonesia ini akan berlangsung pada 4-8 Oktober 2018. Terdapat 47 stand yang juga diikuti pelaku UMKM dari luar Provinsi Jawa Tengah.

“Nilai transaksi pada pameran yang diselenggarakan tiap tahunnya terus meningkat, ada berbagai produk juga yang ditawarkan dari jamu sampai yang digital. Acara ini utamanya untuk mendorong agar konsumen lebih mencintai produk dalam negeri dan konsumen luar lebih memilih produk Indonesia karena memiliki keberagaman yang luar biasa dan kualitas yang tidak kalah,” ujarnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda