Ganjar Lantik Umi Azizah Menjadi Bupati Tegal Gantikan Ki Enthus

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kiri) saat melantik Wakil Bupati Tegal, Umi Azizah menjadi Bupati Tegal sisa masa jabatan 2014-2019 di Gedung Grhadhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (5/11).

SEMARANG- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melantik Wakil Bupati Tegal, Umi Azizah menjadi Bupati Tegal sisa masa jabatan 2014-2019 di Gedung Grhadhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (5/11).

Pendamping almarhum Ki Enthus Susmono itu akan melanjutkan sisa pemerintahan sebelum kemudian dilantik kembali pada periode 2019-2024, usai memenangkan Pilkada Tegal bersama pasangannya, Sabilillah Ardie.

Dalam pelantikan itu, Ganjar berpesan kepada Umi untuk melanjutkan perjuangan Ki Enthus. “Ki Enthus itu sahabat saya, dedikasinya luar biasa untuk pembangunan Tegal dan Jawa Tengah. Saya minta kepada bupati baru, Umi Azizah untuk melanjutkan perjuangan beliau,” kata Ganjar.

Menurutnya, selama menjadi bupati, Ki Enthus banyak menggunakan pendekatan kebudayaan dalam menata pemerintahan. Nilai-nilai itu mesti diteruskan dengan diimbangi tata kelola pemerintahan yang baik, yakni dengan pemerintahan yang bersih dan melayani. Prioritaskan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Sehingga dapat lebih memajukan masyarakat di wilayahnya.

“Partisipasi masyarakat harus ditampung. Saya yakin Bu Umi bisa melakukan itu,” tambah mantan anggota DPR RI ini.

Disinggung pentingnya pelantikan Umi Azizah di sisa masa jabatan yang tidak lebih dari dua bulan sebelum kembali dilantik, Ganjar menerangkan jika hal itu dilakukan untuk menata pemerintahan pada periode selanjutnya.

“Ini kesempatan menata 2019, baik penataan APBD, menyiapkan struktur organisasi yang baik, menyiapkan sumber daya manusia yang baik, dan meniupkan nilai-nilai tata kelola pemerintahan yang baik. Ini kesempatan bagus untuk menyiapkan pemerintahan selanjutnya sesuai hasil Pilkada lalu,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah mengaku siap melaksanakan apa yang menjadi perintah Gubernur Jawa Tengah itu.

“Soal tata kelola pemerintahan yang baik, saya akan berusaha semaksimal mungkin melaksanakannya. Saya juga akan menggunakan pendekatan-pendekatan kebudayaan seperti yang dilakukan Ki Enthus,” ucapnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here