Gegara Kebakaran Sumur Minyak, KUD Sumber Makmur Blora Patuhi Aturan

0
Ketua KUD Sumber Makmur Blora Sukarno saat menyampaikan keterangan. (foto:ist)

 

BLORA, ZONAPASAR.COM – Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Makmur Blora menegaskan telah mematuhi peraturan terkait pertambangan minyak pada sumur tua di wilayahnya sesuai dengan Permen ESDM No. 1 Tahun 2008.

KUD Sumber Makmur pada 2021 juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Jawa Tengah dan saat ini masih berproses di Dirjen Migas Kementrian ESDM RI.

Hal itu disampaikan langsung oleh Sukarno selalu Ketua KUD Sumber Makmur Blora saat dikonfirmasi guna merespon kejadian kebakaran pada sumur minyak di Desa Plantungan Kecamatan Blora Kabupaten Blora.

“Terjadinya Kebakaran di Desa Plantunggan Kecamatan Blora Kabupaten Blora murni bukan tanggung jawab dari KUD Sumber Makmur dikarenakan seluruh anggota KUD belum melakukan kegiatan penambangan minyak pada sumur tua,” tegasnya.

Diketahui, sebelumnya terjadi kebakaran penampungan minyak mentah di Desa Plantungan Kecamatan Blora Kabupaten Blora pada Minggu, 7 April 2024 yang menyita perhatian masyarakat luas.

Akibat kejadian yang terjadi dini hari pukul 02.30 Wib itu setidaknya mengakibatkan sebanyak 50 ton minyak mentah terbakar.

Menurutnya, ada oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan kegiatan penambangan minyak tanpa izin, sehingga berdampak pada KUD Sumber Makmur.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Formkompimda Kabupaten Blora untuk terus mengupayakan potensi – potensi minyak sebagai upaya mendukung pemerintah di bidang ketahanan energi. Hal itu agar kedepan Jawa Tengah khususnya Kabupaten Blora mendapatkan peningkatan pemasukan PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang bisa digunakan untuk infrastruktur seperti pembangunan jalan.

“Sehingga diharapkan pembangunan di Kabupaten Blora lebih baik dan mengutamakan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Menjelang kontestasi Pilkada 2024 khususnya di Kabupaten Blora, pihaknya selaku Ketua KUD Sumber Makmur selalu menghimbau kepada anggota dan pengurus untuk menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Blora khususnya area kerja KUD Sumber Makmur.

Pihaknya mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 dengan aman, kondusif dan berjalan lancar. (***)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan