HPN 2021 Pandemi, PWI Jateng Tetap Bangun Optimisme

SEMARANG – Momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2021 digelar dalam suasan keprihatinan kondisi pandemi COvid-19, sehingga puncak acara dibuat sederhana dan dilangsungkan dengan daring atau virtual.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan, masuknya program vaksinasi Covid-19 membuat dunia kesehatan mulai bagus. Dunia perekonomian pun berangsur pulih.

Dia lalu mencontohkan vaksinasi yang diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) di Jawa Tengah kini disebut memberikan hasil sesuai harapan. Artinya terdapat penurunan signifikan terhadap jumlah nakes yang terpapar Covid-19 sejak penyuntikan pertama pada 14 Januari 2021 lalu.

“Tiga minggu terakhir itu terus menurun. Bahkan, di minggu terakhir ini hanya 55 nakes yang terpapar. Itu turunnya sangat drastis dari sebelum divaksin. Sebelumnya itu per minggu ada 200-an nakes yang terpapar, jumlah itu turun jadi 170-an, 140-an dan terakhir hanya 55 kasus dalam seminggu,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, hal tersebut merupakan kabar baik yang bisa semakin meyakinkan masyarakat tentang efektivitas vaksin. Dia juga akan melakukan percepatan vaksinasi terhadap wartawan karena profesinya  yang sering berhubungan dengan orang banyak. “Wartawan termasuk yang prioritas divaksin. Yang penting datanya ada, dan kami akan melakukan vaksinasi,” katanya.

Puncak HPN dilakukan virtual dan terhubung dengan acara HPN tingkat nasional yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Ketua Dewan Pers M Nuh, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud mengatakan meski dalam suasana pandemi, namun dirinya ingin terus membangkitkan spirit optimisme.

”HPN di tengah pandemi, hendaknya dijadikan starting point untuk memberikan narasi positif dan inspirasi dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan. Jika rakyatnya sehat, maka bangsa ini akan kuat, dan bangkit dari pandemi,” terangnya. (ZP/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here