Jokowi Resmikan Tiga Ruas Tol di Jawa Tengah

Presiden Joko Widodo saat meresmikan tiga ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Tengah di jembatan Kalikuto, Kamis (20/12).

SEMARANG- Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan tiga ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Tengah, Kamis (20/12). Peresmian dilangsungkan di jembatan ikonik Kalikuto, di perbatasan Gringsing, Batang dengan Weleri, Kendal.

Ada tiga ruas tol yang diresmikan secara sekaligus. Meliputi ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura Dengan total panjang ketiganya 142 kilometer.

“Mumpung masih gratis. Yang baru, tolong digarisbawahi, yang baru masih gratis, silahkan dicoba,” kata presiden yang karib disapa Jokowi itu saat peresmian.

Pengoperasian tanpa ditarik biaya ini rencananya berlangsung selama musim libur Natal dan Tahun Baru. Dan mulai dikenai tarif rencananya Januari nanti. “Bisa dicoba berapa jam, dulunya berajam, sekarang berapa jam,” kata eks Wali Kota Solo itu.

Diharapkan infrastruktur ini nantinya menjadi alternatif bagi masyarakat yang mungkin bosan berkendara melalui jalur reguler. “Karena kita ingin, mobilitas barang, mobilitas logisitik, mobilitas orang bisa lebih cepat, mudah, dan murah,” cetusnya.

Pada peresmian kali ini turut ditandai dengan diberangkatkanya rombongan ekspedisi. Terdiri dari sejumlah truk pengangkut sembako, bahan bakar minyak (bbm) dan lain sebagainya menuju Jakarta. Jokowi sendiri membuka giat ini dengan mengibarkan bendera sambil menaiki podium di atas pembatas jalan.

Hadir dalam peresmian ini, yakni Ibu Negara, Iriana Jokowi, KemenPUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, serta Bupati Kendal Mirna Anisa, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi dan Bupati Batang, Wihaji. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here