KA Joglosemarkerto Resmi Beroperasi Hari Ini

Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Yosita, (kiri), Seketaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono dan Direktur Keselamatan & Keamanan KAI, Apriyono Wedi Chresnanto saat melaunching KA Joglosemarkerto di Stasiun Tawang Semarang, Sabtu (1/12).

SEMARANG- Impian masyarakat Jawa Tengah mempunyai sarana tranportasi kereta api yang menghubungkan kota-kota di bagian Selatan dan Utara secara loop line (berkeliling) akhirnya terwujud. Hari ini, Sabtu (1/12), bertempat di Stasiun Tawang Semarang, dilaksanakan acara launching KA Joglosemarkerto relasi Semarang – Tegal – Purwokerto – Kroya – Yogyakarta – Solo – Semarang.

Peresmian peluncuran KA Joglosemarkerto ini ditandai dengan upacara pemberangkatan dengan menggunakan Semboyan 40 (tongkat yang ujungnya berbentuk bulat dan berwarna hijau) oleh Seketaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono disaksikan oleh Direktur Keselamatan & Keamanan KAI, Apriyono Wedi Chresnanto, undangan dari Forpimda wilayah Jawa Tengah dan jajaran management KAI Daop 4 Semarang.

Sekda Jateng, Sri Puryono memberikan aplus positif terhadap layanan kereta api pada saat ini yang menunjukan peningkatan yang luar biasa. “Diharapkan dimasa yang akan mendatang, layanan kereta api bisa lebih baik lagi. Terutama ketepatan waktunya harus dipertahankan,” kata Sri Puryono.

Sementara itu, Direktur Keselamatan KAI, Apriyono Wedi Chresnato mengatakan, melalui peluncuran KA Joglosemarkerto, pihaknya berharap masyarakat Jawa Tengah bisa memanfaatkan dengan baik akan kehadiran KA Jogolosemarkerto dalam mobilitas keseharian.

“Diharapkan dengan mobilitas yang baik dan cepat, ini bisa menunjang bagi peningkatan kegiatan bisnis di kalangan masyarakat Jawa Tengah,” ujarnya.

Acara peresmian KA Joglosemarkerto ini dilaksanakan secara serentak pada hari ini di 3 kota Jawa Tengah, yaitu Semarang, Purwokerto dan Solo.

Dalam rangka mendukung operasional KA Joglosemarkerto ini, KAI telah menyiapkan 3 rangkaian kereta api yang masing-masing rangkaian terdiri dari 2 kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan 7 kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk. KA Joglosemarkerto mempunyai kapasitas 660 tempat duduk dalam setiap perjalanannya.

Setiap harinya, terdapat 3 titik pemberangkatan awal untuk KA Joglosemarkerto, yaitu dari Stasiun Semarang Tawang pada jam 06:15 wib , Stasiun Solo Balapan pada jam 06:00 wib dan Stasiun Purwokerto pada jam 05:00 wib. Diharapkan kehadiran dari 3 rangkaian kereta api ini, bisa memenuhi kebutuhan transportasi warga Jawa Tengah untuk koridor penghubung di Kota – kota wilayah sekitar Jawa Tengah.

Tarif KA Joglosemarkerto sendiri, terbagi dalam berbagai macam golongan. Besaran tarifnya disesuaikan dengan jarak tempuh dan jenis layanan keretanya (eksekutif atau ekonomi). Dimana dalam masa perkenalan KA ini, KAI memberikan diskon khusus sebesar 10 %.

Tiket bisa dipesan melalui channel-channal eksternal penjualan tiket KA, maupun via aplikasi KAI Access dari ponsel. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here