Ekonomi BisnisKeyakinan Konsumen Jateng Meningkat di Februari 2019

Keyakinan Konsumen Jateng Meningkat di Februari 2019

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Hasil Survei Konsumen Bank Indonesna kepada 700 responden rumah tangga di Jawa Tengah pada Februari 2019 mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen terhadap perekonomian Jawa Tengah berada pada level optimis dan meningkat dibandigkan buIan sebelumnya.

Hal tersebut tercermun dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2019 yang tercatat sebesar 138.29, lebih tinggi 1,79 poin dibandingkan IKK Januari 2019 sebesar 136,50.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, optimisme konsumen berasal dari keyakinan konsumen terhadap membaiknya kondisi ekonomi saat ini dan kondisi ekonomi ke depan. Hal tersebut tercermin dari Indeks Kondisa Ekonomi (IKE) Februari 2019 yang berada pada level optimis sebesar 124,99.

“Optimisme terhadap kondisi ekonomi saat ini terutama berasal dan terjaganya tingkat penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan pengeluaran konsumsi,” jelasnya, Rabu (13/3/19).

Sementara itu, kata dia, lndeks Ekspektasi Konsumen (IEK) untuk 6 buIan ke depan Juga berada pada level optimis yang tercatat sebesar 151.58. Masih optimistisnya konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 buIan ke depan didorong oleh keyakinan akan adanya kenaikan penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan terjaganya kegiatan usaha.

Disebutnya, ekspektasi konsumen terhadap kenaikan harga 3 buIan mendatang (Mei 2019) juga mengalami penguatan, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 buIan mendatang yang meningkat dari 173,97 menjadi 179.45.

Hal ini terutama didorong oleh pengaruh hari raya keagamaan, dampak kenaikan harga BBM, dan ketersediaan barang/Jasa yang berkurang.

Sedangkan, lanjutnya untuk ekspektasi konsumen terhadap kenaikan harga 6 buIan mendatang (Agustus 2019) mengalami pelemahan, terindikasi dari IEH 6 buIan mendatang yang turun dari 182.95 menjadi 169,55.

“Masih adanya ekspektasi konsumen terhadap kenaikan harga terutama didorong oleh pengaruh hari raya keagamaan, dampak kenaikan harga BBM, dan kenaikan TTL,” ucapnya.

Ditambahkan, dilihat dari akses ke perbankan, ekspektasi masyarakat terhadap peningkatan jumlah tabungan pada 6 buIan mendatang (Agustus 2019) mengalami penguatan. Hal Ini tercermin dari indeks ekspektasi kenaikan jumlah tabungan sebesar 134,58, lebih tinggi 2.38 poin dari Indeks sebelumnya sebesar 132,21. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Sarfas Pertamina

SEMARANG - Guna memastikan seluruh kegiatan operasi dan layanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar di tengah kondisi pandemi, Komisaris...

PLN Berikan Gerobak Motor Listrik Kepada UKM, Tingkatkan Produktivitas

SEMARANG – PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah...

SWI Minta Masyarakat Waspadai Penawaran Aset Kripto

JAKARTA - Satgas Waspada Investasi (SWI) meminta masyarakat untuk mewaspadai penawaran investasi aset kripto yang saat ini marak agar...

PGN Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi Jawa Tengah

JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan penyediaan gas bumi untuk Jawa Tengah, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina menandatangani...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Subholding Gas Pertamina Raih ISO 55001

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina berhasil mendapatkan sertifikat ISO 55001: Sistem Manajemen...

Menuju HUT ke-65 Astra, Kobarkan Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

JAKARTA - Menuju hari ulang tahun (HUT) ke-65 pada 20 Februari 2022, hari ini (1/12) Astra meluncurkan logo HUT...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda