Kini DPD REI Jateng Punya Koperasi

KOPERASI : Koperasi Jasa REI JatengSejahtera didirikan dengan sekretariat di kantor DPD REI Jateng.

SEMARANG – Para pengembang yang tergabung di DPD Real Estate Indonesia (REI) Jateng bersepakat membentuk sebuah koperasi. Koperasi yang resmi berdiri 10 Januari 2018 ini diberi nama Koperasi Jasa REI Jateng Sejahtera.

Kantor dari koperasi ini sendiri menjadi satu dalam kantor sekretariat DPD REI Jawa Tengah yang berada di Perumahan Semarang Indah.

Sebanyak 200 anggota DPD REI Jateng kemudian juga langsung menjadi anggota koperasi ini.

Joko Sulistyono selaku Sekretaris Koperasi Jasa  REI Jateng Sejahtera menuturkan, koperasi ini dimaksudkan untuk memberikan manfaat bagi anggota dalam bisnis perumahan.

“Selama ini kita ini kan hanya sebuah asosiasi dalam wadah DPD REI Jawa Tengah yang hanya membantu dalam urusan administrasi maupun bantuan hukum bagi anggota, adanya koperasi ini dapat membantu dalam pengembangan usaha,” tuturnya.

Koperasi yang sebagian pengurus dan pengawasnya adalah pengurus DPD REI Jateng ini membidik kerjasama pertama dengan pabrikan semen untuk memasok semen bagi anggota REI.

“Penjajakan kerjasama dengan salah satu pabrik semen sudah kita lakukan, setelah koperasi resmi berdiri, kerjasama akan kita segera realisasikan,” tandasnya.

Kedepannya anggota REI akan mendapatkan semen dengan harga yang tentu lebih rendah dibandingkan membeli dari toko. “Cost pabrik semen pun jadi efisien, karena nanti semen yang biasanya dipasok ke toko dulu baru ke pengembangan, besok dari pabrik langsung ke REI melalui komisariat – komisariat yang ada di Jawa Tengah,” jelasnya.

Sebagai modal awal, koperasi ini nanti akan mengandalkan iuran atau simpanan pokok dari anggota. Dimana simpanan pokoknya sebesar Rp3 juta per anggota per bulan.

Sedangkan simpanan wajibnya Rp500 ribu per bulan. “Untuk simpanan wajib ini dalam setahun hanya akan dibayarkan 10 bulan,” tambahnya.

Dalam rapat kemarin juga dihadiri dari perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Jateng dan Kota Semarang. Begitu juga dari BTN konvensional dan BTN Syariah yang juga hadir dalam kesempatan ini. (ZP/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here