Komunitas Ebeg Banyumas Gelar Pertunjukan ‘Mendem’ Jokowi

Komunitas ebeg Banyumas menggelar pertunjukan dengan tema ‘Mendem Jokowi’ di Lapangan Glempang, Kecamatan Purwokerto Utara, Minggu (6/10). (FOTO : Ning Effendi)

PURWOKERTO – Sebagai bentuk kecintaan kepada presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-Ma’ruf Amin, ratusan orang yang tergabung dalam komunitas ebeg Banyumas, Minggu (6/10) sore menggelar pertunjukan ebeg dengan tema “Mandem Jokowi’.

Pembina Paguyuban Ebeg Banyumas (Pakumas), Suherman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk ekspresi suka cita para seniman ebeg di Kabupaten Banyumas atas akan dilantiknya Jokowi-Ma’ruf Amin dalam waktu dekat ini. Sekaligus juga sebagai ajang sosialisasi untuk menjaga konsistensi para pendukung Jokowi di Banyumas.

“Mendem Jokowi itu mengandung makna, mabuk kepayang kepada Jokowi atau cinta kepada Jokowi, sebagai gambaran bukti kecintaan masyarakat Banyumas kepada Jokowi,” tuturnya.

Lebih lanjut Suherman yang juga mantan ketua DPRD Banyumas ini mengatakan, akhir-akhir ini muncul berbagai isu tentang adanya penolakan pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin dari kelompok tertentu dan seniman Banyumas menyikapinya dengan menyerukan kondusifitas dan perdamaian.

Selaku pembina paguyuban ebeg, Suherman juga berpesan, agar jangan mudah termakan isu dan tetap menjaga kondusifitas Banyumas hingga pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Pentas ebeg yang berlangsung di Lapangan Glempang, Kecamatan Purwokerto Utara ini, melibatkan sekitar 500 an seniman ebeg. Pakumas sendiri sudah berdiri di 27 kecamatan di Banyumas dengan jumlah anggota lebih dari 600 kelompok ebeg.

Sepanjang pertunjukan berlangsung, masyarakat memadati lapangan hingga sore hari. (Ning Effendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here