Sinergitas TNI – Polri, Kosek Empat Pasar di Banyumas

Kapolres Banyumas, AKBB Bambang Yudhantara Salamun SIK ikut kerja bakti membersihkan Pasar Cilongok, Kamis (20/6/2019). (FOTO : Ning Effendi)

BANYUMAS – Pasar Cilongok, Kabupaten Banyumas mendadak dipenuhi puluhan petugas berseragam. Tak seperti biasa, bukan senjata atau perlengkapan razia yang dibawa, tetapi aparat gabungan TNI – Polri ini membawa sapu, sekop hingga gerobag sampah.

Setelah berbaris rapi dan mengikuti breafing sebentar, mereka lalu membentuk kelompok-kelompok kecil dan menyebar. Seluruh sudut pasar dikosek.

“Hari ini kita mengadakan acara bersih-bersih pasar, sebagai rangkaian HUT Polri ke-73. Secara serentak ada empat pasar yang kita bersihkan bersama-sama TNI dan masyarakat, yaitu Pasar Cilongok, Pasar Patikraja, Pasar Wijahan dan Pasar Sokaraja,” kata Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK, Kamis (20/6/2019).

Kapolres menjelaskan, kegiatan bersih-bersih pasar sekaligus sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat bahwa institusi polri mempunyai komitmen serius untuk mengubah wajah menjadi institusi yang profesional, modern dan terpercaya (Promoter). Sinergitas TNI – Polri terlihat jelas dalam kegiatan tersebut, bahu-membahu membersihkan pasar hingga mengangkut sampah.

Kapolres Banyumas juga terjun langsung ikut membersihkan pasar. Tanpa canggung, ia mengambil sapu dan membersihkan selokan bagian depan pasar. Setelah bagian depan pasar terlihat bersih, Kapolres berkeliling ke dalam pasar hingga bagian pasar paling belakang, yaitu pasar kambing.

Tahun ini HUT Polri mengambil tema, ‘Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara’ dan menjadi ajang untuk mempererat soliditas antara polri dengan masyarakat.

Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, selain membersihkan pasar-pasar tradisional, Polres Banyumas juga menggelar kegiatan donor darah dan pembagian sembako di Kecamatan Wangon, serta pengobatan gratis. Di Wangon, Kapolres juga ikut melakukan donor darah bersama anggota, berbaur dengan masyarakat sekitar.

“Kegiatan rangkaian pengabdian masyarakat ini diharapkan bisa membuat masyarakat merasa benar-benar merasakan kehadiran polri di tengah mereka yang siap memberikan pelayanan, serta menumbuhkan rasa aman dan nyaman,” pungkasnya. (Ning Effendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here