Layanan Kesehatan Bagi 520 Korban Gempa Lombok

LOMBOK- Dalam tiga hari, sebanyak 520 warga mendapatkan layanan kesehatan dari tim medis Rumah Zakat pada Sabtu, (11/8). Rumah Zakat melakukan Aksi Peduli Bencana gempa di Dusun Tato, Desa Sandik, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat.

Dalam aksi tersebut, Rumah Zakat menugaskan tim medis yang terdiri dari dua dokter, dua perawat, apoteker, driver, dan koordinator relawan untuk membantu layanan kesehatan di Dusun Tato. Zirzi selaku Public Health Rumah Zakat mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan tersebut akan dijadwalkan kembali dalam waktu dekat.

Zirzi menambahkan, banyak warga yang masih trauma dengan gempa yang terjadi, dikarenakan sering terjadi gempa susulan. Para korban pun masih cemas untuk memasuki rumahnya sendiri, sehingga sering berkumpul di luar rumah.

“Beberapa warga di sini kondisi kesehatannya kurang baik setelah terjadinya pasca gempa. Warga memilih tidur di luar rumah, apalagi kalau malam banyak warga yang mengungsi, karena takut terjadi gempa susulan,” ungkap Fahry Rozi, salah satu warga.

Lokasi Dusun Tato sendiri terletak sekitar 6 Km di utara Kota Mataram. Sebanyak 1.674 jiwa warga dusun ini harus mengalami guncangan gempa dan harus mengungsi karena takut akan terjadi gempa susulan. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here