UmumLimbah Plastik pun Disulap Jadi Sepatu

Limbah Plastik pun Disulap Jadi Sepatu

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Kegiatan Musrenbangwil yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus dikebut. Di masing-masing acara Musrenbangwil, selalu dipamerkan berbagai produk-produk unggulan dari masyarakat.

Seperti di Musrenbangwil se-Eks Karesidenan Pekalongan yang dilaksanakan di Kabupaten Batang, Rabu (13/3/2019). Sejumlah produk hasil kerajinan masyarakat ditampilkan, mulai kerajinan tangan, olahan makanan dan minuman, produk fashion dan lain sebagainya.

Seperti biasa, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo selalu menyempatkan diri meninjau stand-stand yang digelar untuk melihat kreasi masyarakat. Di lokasi itu, Ganjar tertarik dengan aneka produk kerajinan tangan yang terbuat dari limbah plastik kresek.

“Ini sepatu dari plastik kresek, Pak! Terbuat dari limbah plastik. Ada juga tas plastik, dompet, replika mainan mobil-mobilan, perahu pinisi dari limbah kertas. Masih banyak lainnya Pak, semua dari limbah,” kata Rifki Diah Titisari, petugas stand di Kota Tegal sebagaimana dalam keterangan tertulis.

Melihat hal itu, Ganjar langsung mengambil produk-produk tersebut. Penasaran, dia memegang dan meraba sepatu serta tas yang dipajang untuk memastikan produk itu benar terbuat dari limbah plastik.

“Ini menarik, ini dari plastik kresek lho. Ternyata limbah plastik bisa dibuat barang-barang seindah ini. Ini harus ditiru semua daerah, untuk mengurangi sampah plastik yang semakin besar dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Ganjar.

Ganjar menambahkan, ternyata kampanye pengurangan sampah plastik dapat dilakukan melalui kreativitas. Masyarakat, lanjut dia, ternyata memiliki kemampuan berkreasi untuk menyulap limbah plastik yang saat ini sangat melimpah menjadi benda bernilai ekonomis.

“Melihat hal ini, maka persoalan reduce and recycle sampah plastik di masyarakat sudah berjalan. Ini cara kreatif yang bisa kita kembangkan dan kita akomodasi, sehingga yang lain bisa meniru dan membuat produk-produk serupa agar persoalan sampah plastik bisa dikurangi,” terang Ganjar.

Selain produk dari limbah plastik, berbagai produk unggulan juga ditampilkan. Menurut Ganjar, acara Musrenbangwil memang dikonsep sebagai ajang bagi masyarakat memamerkan produk mereka.

“Maka nanti dapat dilihat, produk mana yang memang berkualitas, apakah kualitasnya di pasar tradisional, swalayan, nasional atau ekspor. Kami minta agar semua data diserahkan ke kami untuk kemudian kami list dan jual ke dunia internasional,” tukasnya.

Sementara itu, Rifki Diah Titisari, petugas stand di Kota Tegal mengatakan, aneka produk dari limbah plastik tersebut dikelola oleh warga bernama Nurlaelatul Aqifah. Sehari-hari, Nurlaela memproduksi aneka kerajinan dari limbah plastik, limbah koran, pelepah pisang, ring gelas plastik dan sebagainya.

“Limbah-limbah itu diolah menjadi kerajinan seperti sepatu, tas, dompet, replika perahu Pinisi, replika mobil dan banyak lagi. Harganya mulai Rp 85.000 sampai jutaan rupiah,” kata dia.

Diah menambahkan, produk-produk olahan dari limbah plastik tersebut pernah menjuarai ajang Kreanova tingkat Provinsi Jateng pada 2017 lalu.

“Pemasaran kami lakukan secara online. Jadi pembeli banyak dari luar kota bahkan ada beberapa yang dari luar negeri,” tutupnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Profil dan Biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata Lengkap, Pendidikan hingga Berbagai Pengalamannya

SEMARANG - Profil dan biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata lengkap dari pendidikan hingga berbagai pengalamannya. Anda...

Dukung PTM dan Masa Libur Akhir Tahun, Link Net Salurkan 5.000 Healthy Kit

JAKARTA – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda