Majukan UMKM, Pemkot Semarang Siapkan Galeri Industri Kreatif

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang akan membangun sebuah Galeri Industri Kreatif yang memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, Galeri Industri Kretif merupakan lanjutan dari program sebelumnya yakni Galeri UKM yang sama-sama dutujukan untuk mendorong pelaku UMKM yang ada di Semarang.

Namun, menurutnya ada beberap perbedaan antara Galeri UKM dengan Galeri Industri Kreatif. Ita menyebutkan, Galeri Industri Kreatif akan dibuat lebih luas lagi karena mencakup banyak hal, tidak hanya handmade saja.

“Kalau galeri kreatif hanya memasarkan produk-produk handmade saja, kalau Galeri Industri Kreatif tidak hanya handmade saja namun juga ada furniture, kuliner, logam dan juga kuliner,” jelasnya, Rabu (20/3/19).

Melalui Galeri Industri Kreatif tersebut, ia berharap kebutuhan-kebutuhan para pelaku UMKM dapat terfasilitasi oleh Pemerintah Kota Semarang.

Selain itu, Ita juga berharap agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan Galeri Industri Kreatif, sehingga ekonomi Kota Semarang dapat berkembang.

Disebutnya, saat ini terdapat 15.000 pelaku UMKM yang ada di Kota Semarang. Sedangkan di Galeri UKM ada 72 pelaku yang telah terfasilitasi.

Meski demikian, ia mengingatkan, bagi pelaju UMKM jangan hanya mengandalakan Galeri UKM saja, namun juga memanfaatkan medsos dan juga e-comerce yang bisa membantu untuk memasarkan produk pelaku UMKM.

Dikatakannya, Galeri Industri Kreatif akan di launching awal April 2019 mendatang. Dari keterangannya gedung yang akan dijadikan sebagai tempat Galeri Industri Kreatif sudah hampir selesai.

“Kemarin kita akurasi, awal April atau tengah April Galeri Industri Kreatif sudah bisa ditempati,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here