Memutus Penyebaran Covid-19, Geomaritim Sasar Pedagang Pasar dan Nelayan

PEDULI : Camat Candisari Moeljanto didampingi Lurah Karanganyar Gunung Petrus Setyo Widodo dan Ketua DPD Geomaritim Jawa Tengah Eko Setyowati R secara simbolis memberikan sabun cuci tangan kepada salah satu pedagang di Pasar Jangli.

SEMARANG – DPD Geomaritim Jawa Tengah menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat ditengah pandemi Covid-19 dengan melakukan pembagian masker dan sabun cuci tangan. Kegiatan bhakti sosial ini menyasar para pedagang yang berada di Pasar Jangli Kelurahan Karanganyar Gunung Kecamatan Candisari Kota Semarang.

“Giat ini dilakukan sebgai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dimana pasar merupakan salah satu tempat yang rentan dalam penyebaran virus,” kata Ketua DPD Geomaritim Jawa Tengah, Eko Setyowati R disela pembagian masker, Senin (22/6).

Belakangan klaster pasar tradisional memang menjadi sorotan Pemkot Semarang dalam penyebaran Covid-19. Sehingga beberapa pasar tradisional sempat ditutup lantaran beberapa pedagang dinyatakan positif Covid-19. Misalnya Pasar Karangayu, Pasar Mangkang, Pasar Meteseh, dan pasar tradisional lainnya. Penutupan pasar tradisional dilakukan selama tiga hari, kemudian dibuka kembali setelah diatur dengan protokol kesehatan.

Hal itulah yang menjadi alasan Geomaritim dalam melakukan kegiatan pembagian masker dan sabun cuci tangan bagi pedagang pasar tradisional di Pasar Jangli. “Pedagang pasar menjadi fokus utama kami. Sebab dalam bekerja mereka bersentuhan dengan banyak hal, mulai dari barang dagangan sampai dengan uang sebagai alat transaksi yang besar kemungkinan menjadi media penyebaran virus .Dengan lebih sering mencuci tangan pakai sabun serta melayani pembeli dengan masker akan memperkecil resiko terdampaknya para pedagang dari virus,” jelasnya.

Giat sosial Geomaritim ini didukung penuh oleh Pemkot Semarang melalui Camat Candisari Moeljanto, Lurah Karanganyar Gunung Petrus Setyo Widodo. Apalagi kegiatan ini juga bersinergi dengan Karang Taruna Kelurahan Karanganyar Gunung.

Bahkan Camat Candisari Moeljanto juga antusias ikut serta dalam giat sosial dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 ini.

“Dalam rangka ikut mencegah penyebaran virus covid-19 dan kesadaran pedagang memakai masker dan sabun cuci tangan belakangan ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Saya mengapresiasi giat yang dilakukan DPD Geomaritim Jawa Tengah yang ikut meningkatkan kesadaran pedagang memakai masker dan cuci tangan itu,” ujar Lurah Karanganyar Gunung, Petrus Setyo Widodo yang ikut turun langsung membagikan masker kepada pedagang.

Para pedagang pun menyambut antusias pembagian masker dan sabun cuci tangan yang dilakukan Geomaritim Jawa Tengah ini. Mereka senang mendapat perhatian dari Geomaritim akan perlengkapan untuk menjalankan protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19.

SIMBOLIS : Lurah Karanganyar Gunung, Petrus Setyo Widodo secara simbolis mengenakan masker pad asalah satu pedagang di Pasar Jangli, didampingi Ketua DPD Geomaritim Jawa Tengah Edo Setyowati R dan Ketua Panitia Bhakti Sosial Geomaritim Agus Tata.

Agus Tata selaku Ketua Panitia Bhakti Sosial Geomaritim menyampaikan terimakasih atas dukungan dan partisipasinya sehingga kegiatan terlakasana dengan baik. ”Saya juga sampaikan terimakasih kepada teman-teman panitia yang sudah kerja luarbiasa mensukseskan acara giat sosial ini. Semoga Geomaritim kedepan selalu solid dan kompak untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Salam Cakarawati Samudra,” ujar Agus.

Selain di Pasar Jangli, kepedulian Geomaritim sebelumnya juga dilakukan dengan menyasar kawasan pesisir di Kawasan Terboyo Wetan dengan membagikan masker dan sabun cuci tangan bagi para nelayan.

Di kedua tempat tersebut, Geomaritim membagikan sebanyak 300 masker dan sabun cuci tangan. Dimana untuk tahap pertama di kawasan pesisir untuk para nelayan 150 pack dan untuk yang kedua di Pasar Jangli 150 pack. (ZP01)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here